Harian Jogja Hari Ini edisi Senin (4/12/2017). (Harian Jogja/M100) Harian Jogja Hari Ini edisi Senin (4/12/2017). (Harian Jogja/M100)
Senin, 4 Desember 2017 10:55 WIB M100/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARIAN JOGJA HARI INI
Hak Hukum Difabel Diabaikan

Harian Jogja edisi Hari Senin (4./12/2017)

Solopos.com, JOGJA- Difabel seolah masih menjadi warga kelas dua di negeri ini. Mereka belum sepenuhnya memperoleh hak ketika berurusan dengan hukum.

Anies dan AHY Cawapres Teratas
JAKARTA- Lembaga survei Indo Barometer melakukan survei terkait nama-nama yang berada dalam bursa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2019. Nama Gubernur DKI Anies Baswesdan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di urutan teratas dalam bursa cawapres.

Aktivitas Vulkanis Masih Tinggi
KARANGASEM- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, aktivitas Gunung Agung semakin menurun. Meski demikian, hingga Minggu (3/12) status gunung itu belum diturunkan.

Mengintip Cara Kerja Fightradar 24
Melacak setiap pergerakan pesawat di angkasa yang jumlahnya sampai 14.000 atau lebih pada saat tertentu, bisa jadi sebuah tugas yang memabukkan. Tapi tim penggemar air Travel di Stockholm, Swedia, mampu melakukannya secara rinci dengan membangun sebuah jaringan teknologi receiver yang ditempatkan di seluruh dunia.

Eropa Khawatir Nasib Menlu AS
BRUSSELS- Negara-negara Eropa yang selama ini menjadi sekutu AS khawatir dengan masa depan hubungan mereka dengan AS setelah santer kabar Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, bakal diganti.

Head To Head Marvel VS DC
Youngers, beberapa tahun terakhir industri film Hollywood dibanjiri deretan film Superhero. Mayoritas berasal dari Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC Entertainment Universe (DCEU). Kedua perusahaan itu memang dikenal selalu bersaing menciptakan karakter superhero sejak 1930-1940an.

Gagal, Karina Batal Traktir Penggemar
Perjuangan Karina Nadila Niab di kontes kecantikan Miss Supranational 2017 telah berakhir. Wanita yang menyandang gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2017 itu tidak berhasil menjadi juara.

Karena De Gea
LONDON- Kiper David de Gea menjadi pahlawan kemenangan 3-1 Manchester United atas rival klasik, Arsenal, pada bigmatch Liga Premier Inggris, Minggu (3/12) dini hari WIB. Kiper asal Spanyol itu melakukan 14 kali penyelamatan, beberapa di antaranya terlihat mustahil dilakukan.

Menikmati Kontroversi Logo Baru
LONDON- Formula 1 (F1) tak mempermasalahkan munculnya kontroversi atas peluncuran logo baru mereka musim depan.

Pendekatan Berbeda untuk Mongolia
BANDA ACEH- Timnas Indonesia tak bisa terlalu lama bersuka cita seusai membenamkan Brunei Darussalam 4-0 dalam laga pembuka ajang Aceh World Solidarity Cup (AWSC) di Stadion Harapan Bangsa, Sabtu (2/12) malam.

Longsor Masih Mengancam
JOGJA- Sejumlah rumah di RT 01/RW 01 Jlagran, Pringgokusuman, Gedongtengen, Kota Jogja terancam longsoran talut. Warga yang masih ketakutan akhirnya memilih mengungsi.

Pedagang Mengaku Rugi
GONDOMANAN- Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) resmi ditutup 1 Desember lalu. Namun sejumlah pedagang masih akan bertahan sampai masa perpanjangan 10 Desember untuk mengejar target keuntungan.

PBB Sleman Masih Minus Rp1,3 Miliar
SLEMAN- Jelang tutup tahun, realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Sleman masih minus Rp1,3 Miliar. Pada 2017, Pemkab Sleman mematok target pendapatan dari sektor PBB sebesar Rp 70 Miliar.

Waspada Ombak Tinggi
BANTUL- Wilayah Pantai Selatan Bantul waspada gelombang tinggi. Hal itu merupakan dampak dari Siklon Tropis Dahlia yang terjadi sejak Jum’at (1/12) lalu.

Ribuan Hektare Padi Terancam Puso
WATES- Banjir yang merendam ribuan hektare lahan pertanian di Kulonprogo sebagai dampak Siklon Tropis Cempaka, benar-benar membuat petani merugi. Ribuan hektare tanaman padi berpotensi puso dan gagal panen. Selain itu, ratusan hektare hortikultura juga hancur akibat terendam banjir.

33 KK & 1 Eks DPRD Pindah ke Morowali
WONOSARI- Sedikitnya 34 keluarga asal Gunungkidul diberangkatkan kr Morowali, Sulawesi Selatan untuk program Transmigrasi 2017. Uniknya dari jumlah keluarga tersebut, ada transmigran yang merupakan eks anggota DPRD Gunungkidul periode 2009-2014.

DIY Terapkan UASBK SMA/SMK
JOGJA- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menargetkan ke depan seluruh evaluasi pembelajaran sekolah berbasis komputer diterapkan di SMA/SMK se-DIY.

Okupansi Hotel Capai 100%
JOGJA- Long weekend pada pekan kemarin menjadi berkah bagi kalangan perhotelan. Mulai Jum’at sampai Minggu (1-3/12), semua kamar yang ada habis dipesan wisatawan yang kebanyakan datang dari luar kota.

Dorong Kolaborasi Fintech dan Perbankan
JAKARTA- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong kolaborasi penyelenggara financial technology atau fintech dengan lembaga keuangan lain, khususnya perbankan guna memperkuat infrastuktur dan bisnis.

lowongan pekerjaan
QUALITY CONTROL & ADMIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Tanggung Jawab Kesehatan Masyarakat

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (29/11/2017). Esai ini karya Muhammad Sholahuddin, dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan kandidat doktor bidang ekonomi di International Islamic University Malaysia. Alamat e-mail penulis adalah muhammad.sholahuddin@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu terakhir ini beredar…