Jogja
Senin, 4 Desember 2017 - 13:20 WIB

Eks Anggota DPRD Gunungkidul Ikut Transmigrasi ke Morowali

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lahan transmigrasi (JIBI/Antara/Dok.)

Program transmigrasi terus dibuka setiap tahunnya

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sedikitnya 34 keluarga asal Gunungkidul diberangkatkan ke Morowali, Sulawesi Selatan untuk program transmigrasi 2017. Uniknya, dari keluarga tersebut, ada salah satu transmigran yang merupakan eks anggota DPRD Gunungkidul periode 2009-2014.

Advertisement

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul Tommy Harahap mengatakan, keluarga transmigran sudah diberangkatkan ke tujuan pada Rabu (29/11/2017) lalu. Untuk saat ini, seluruh keluarga juga sudah sampai di lokasi transmigrasi. “Sudah diberangkatkan dan semua berjalan dengan lancar,” kata Tommy kepada wartawan, Minggu (3/12/2017).

Menurut dia, pemberangkatan di tahun ini berbeda dengan yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, untuk sekarang, fokus pemberangkatan hanya di satu lokasi. Untuk pemberangkatan di tahun-tahun sebelumnya tersebar di beberapa lokasi seperti Pulau Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi. “Untuk tahun ini 34 keluarga diberangkatkan ke Morowali di Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Ditambahkan Tommy, ada sisi menarik pelaksanaan transmigrasi di tahun ini. Pasalnya, dari 34 keluarga yang berangkat, ada salah satu keluarga eks anggota DPRD Gunungkidul 2009-2014 Chairul Nazmi Siregar. “Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah menghubungi yang bersangkutan ternyata benar jika Chairul ikut dalam program transmigrasi,” ungkapnya.

Advertisement

Menurut dia, ikutnya eks anggota DPRD dalam program transmigrasi bukan suatu hal yang dipermasalahan. Ini lantaran keputusan tersebut mutlak pribadi masing-masing individu. “Tidak ada masalah karena yang bersangkutan sudah menetapkan niat. Jadi, ini membuktikan siapa saja bisa ikut, kalau sudah memenuhi persyaratan ya akan diberangkatkan,” katanya.

Ditambahkan Tommy, meski sudah memberangkatkan keluarga transmigran ke daerah tujuan, namun Disnakertrans Gunungkidul masih membuka pendaftaran untuk program transmigrasi. “Tidak diberangkatkan tahun ini karena kuotanya sudah penuh. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir karena program transmigrasi terus dibuka setiap tahunnya,” ujar mantan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Gunungkidul ini.

Sementara itu, eks anggota DPRD Gunungkidul Chairul Nazmi Siregar yang ikut dalam program transmigrasi 2017 belum bisa dimintai keterangan baik melalui sambungan telepon maupun pesan singkat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif