Ilustrasi layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di perbankan. (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di perbankan. (JIBI/Solopos/Antara)
Minggu, 3 Desember 2017 21:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

UMKM Terdampak Badai Cempaka Diusulkan Dapat Dispensasi Kredit

Pemda DIY sudah berkoordinasi dengan SKPD untuk penanggulangan warga terdampak bencana

Solopos.com, JOGJA-Pemda DIY menyoroti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan terdampak pada bencana alam yang dipicu Badai Cempaka di mana permintaan produknya akan berkurang. Diharapkan, pihak perbankan memberikan dispensasi kepada UMKM terdampak bencana yang saat ini sedang mengakses kredit.

Asisten II Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sigit Sapto Raharjo mengatakan, Pemda DIY sudah berkoordinasi dengan SKPD untuk penanggulangan warga terdampak, baik terkait pangan maupun akibatnya yang berdampak pada UMKM.

“Kalau memang yang pinjam dan enggak  ada hasilnya ya diundur dulu sampai ada hasilnya. Yo ra diundur sedino rong dino [tidak hanya diundur sehari dua hari] tapi sebulan dua bulan untuk jatuh temponya,” ungkap dia, Sabtu (2/12/2017).

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY Budi Hanoto menyampaikan, saat ini ia masih berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuannya untuk melihat UMKM yang terdampak bencana banjir dan berpotensi membawa pengaruh pada kredit yang sedang dijalaninya.

“Kita lihat dulu kalau perlu merestrukturisasi kreditnya. Sekaranglagi didata dan dibantu dulu. Baru nanti kita lihat profil UMKM-nya kalau memang tidak ada yang terkena dampak banjir ya alhamdulillah,” tuturnya.

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Tanggung Jawab Kesehatan Masyarakat

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (29/11/2017). Esai ini karya Muhammad Sholahuddin, dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan kandidat doktor bidang ekonomi di International Islamic University Malaysia. Alamat e-mail penulis adalah muhammad.sholahuddin@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu terakhir ini beredar…