Jogja
Minggu, 3 Desember 2017 - 15:20 WIB

Sleman Tuan Rumah Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Startup (IST/Garbshare)

Untuk DIY kegiatan ini pada tahap ignation (seminar) diikuti 1.200 pendaftar

Harianjogja.com, SLEMAN-Sleman menjadi tuan rumah Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang dilaksanakan di 10 kota besar di Indonesia. Program yang diinisasi oleh Kementerian Kominfo dan Kibar ini digelar di Aula Bappeda Sleman, Sabtu (2/12/2017).

Advertisement

Untuk DIY kegiatan ini pada tahap ignation (seminar) diikuti 1.200 pendaftar untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship. Dari 1200 peserta disaring menjadi 850 peserta untuk melanjutkan ke tahap workhop pembekalan keahlian membuat startup digital. Berbekal dari ilmu yang didapat di workshop, 250 peserta melanjutkan ke tahap ketiga yaitu hackathon untuk menghasilkan prototype produk dari ide solusi aplikasi.

“Selanjutnya, 100 peserta yang terdiri dari 14 tim mengikuti tahap bootcamp yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk,” kata Noor Iza, Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo.

Dia mengapresiasi para peserta yang berhasil berpartisipasi hingga tahap keempat ini. Menurutnya, pemerintah mendorong pengembangan peta jalan e-commerce dan ekosistem industri digital dari berbagai lini. “Pertama kita dorong UMKM go online terus kedua technopreneurship sehingga hadir 1000 startup,” tutur Iza.

Advertisement

Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, Iza mengingatkan para penggiat technopreneur harus mampu berpikir besar. “Tentu untuk konteks we think big now, pemerintah punya program untuk mendorong startup menjadi unicorn yang namanya Next Indonesian Unicorn,” jelas Iza.

Program ini, katanya, sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang memiliki visi untuk menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia di Silicon Valley.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif