Lukisan yang menggambarkan Pertempuran Hohenlinden, 1800. (Wikimedia.org) Lukisan yang menggambarkan Pertempuran Hohenlinden, 1800. (Wikimedia.org)
Minggu, 3 Desember 2017 05:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 3 Desember

Catatan peristiwa dunia hari ini, 3 Desember, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 3 Desember. Dihimpun dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com, berikut Semarangpos.com merangkumnya dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 3 Desember.

1800
Pasukan Prancis meraih kemenangan besar dalam Pertempuran Hohenlinden melawan pasukan Austria di Hohenlinden, sebelah timur Munchen, Jerman. Kemenangan itu merupakan salah satu pemicu berakhirnya Perang Koalisi II dengan kemenangan Prancis.

1918
Abdul Haris Nasution lahir di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatra Utara, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Ia lantas dikenal luas sebagai tokoh TNI yang dianggap menjadi sasaran dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965. Di dunia militer, pangkat terakhirnya adalah jenderal besar dengan tanda bintang lima.

1945
Sekelompok pegawai Djawatan Pekerjaan Umum Republik Indonesia berhasil mempertahankan Gedung Verkeer & Waterstaat—sekarang Gedung Sate—dari upaya perebutan pasukan Sekutu. Peristiwa itu menewaskan tujuh pemuda. Untuk mengenang ke tujuh pemuda itu, dibuatkan tugu dari batu yang diletakkan di halaman belakang Gedung Sate. Atas perintah Menteri Pekerjaan Umum pada 3 Desember 1970, tugu tersebut dipindahkan ke halaman depan Gedung Sate.

Bendera Singapura. (Theindependent.sg)

Bendera Singapura. (Theindependent.sg)

1959
Bendera Singapura yang digunakan hingga kini secara resmi ditetapkan sebagai bendera nasional di negara tersebut. Penetapan bendera itu menyusul keputusan Inggris memberikan pemerintahan mandiri kepada Singapura.

1967
Untuk kali pertama, operasi transpalantasi jantung berhasil dilakukan. Operasi tersebut dilakuikan tim dokter yang dipimpin Christiaan Barnard di rumah sakit di Cape Town, Afrika Selatan.

Michael Kojo Essien kala masih berseragam Chelsea. (Mirror.co.uk)

Michael Kojo Essien kala masih berseragam Chelsea. (Mirror.co.uk)

1982
Michael Kojo Essien lahir di Accra, Ghana. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan. Sejak awal 2017, Essien resmi bergabung dengan salah satu tim di Indonesia, yakni Persib Bandung.

1984
Terlepasnya gas metil isosianat dari sebuah pabrik pestisida di Bhopal, India menyebabkan sedikitnya 18.000 orang tewas karena keracunan. Peristiwa itu dianggap sebagai musibah industri terburuk sepanjang sejarah.

1989
Presiden Amerika Serikat (AS) George H. W. Bush dan Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev bertemu di Malta dan secara bersama mengatakan bahwa Perang Dingin bisa selesai dalam masa dekat. Kalimat kedua pemimpin lantas dibesar-besarkan di beberapa surat kabar di AS dan Uni Soviet, seolah-olah Perang Dingin sudah benar-benar selesai.

1992
Berdasarkan keputusan Majelis Umum PBB, untuk kali pertama Hari Penyandang Cacat Internasional diperingati. Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat atas persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat.

1994
Untuk kali pertama, konsol permainan grafis yang diproduksi Sony, diluncurkan di Jepang. Hingga kini, Sony telah memproduksi jenis Playstation hingga generasi ke delapan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 2 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 November

Kolom

GAGASAN
Tanggung Jawab Kesehatan Masyarakat

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (29/11/2017). Esai ini karya Muhammad Sholahuddin, dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan kandidat doktor bidang ekonomi di International Islamic University Malaysia. Alamat e-mail penulis adalah muhammad.sholahuddin@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu terakhir ini beredar…