Jogja
Sabtu, 2 Desember 2017 - 19:20 WIB

UPN Bentuk Menwa Cyber Tangkal Ancaman Dunia Maya

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - UPN Veteran Yogyakarta (IST UPN Veteran)

Menwa Cyber ini dapat menjadi wadah pengembangan potensi mahasiswa dalam bidang keamanan digital

Harianjogja.com, SLEMAN-Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogja membentu Resimen Mahasiswa (Menwa) Cyber yang berasal dari perwakilan berbagai fakultas di kampus tersebut.

Advertisement

Pembentukan Menwa Cyber yang didukung Kementerian Pertahanan itu diharapkan menjadi kekuatan sipil untuk membantu mewujudkan sistem pertahanan dan keamanan di dunia maya. Adapun deklarasi pembentukan Menwa Cyber itu dilakukan bersamaan dengan seminar pada Sabtu (25/11/2017) lalu.

Rektor UPN Veteran Jogja Profesor Sari Bahagiarti menjelaskan, sebagai kampus bela negara UPN merasa perlu membentuk Menwa Cyber dalam rangka membantu menjadi benteng pertahanan NKRI di dunia maya. Mewan cyber itu diharapkan menjadi salah satu kekuatan sipil untuk mempertahankan negara sebagai perwujudan sisten pertahanan dan keamanan.

“Menwa cyber ini dibentuk untuk membantuk menangkal dan mengawal NKRI dari serangan cyber, terutama konten yang tidak sesuai dengan nilai-nilai, ideologi serta budaya bangsa Indonesia,” terangnya kepada Harian Jogja, Selasa (28/11/2017).

Advertisement

Guru Besar Geologi ini menambahkan, padal awal deklarasi tersebut, saat ini sebagai embrio Menwa Cyber yang ke depan akan terus dikembangkan. Menwa Cyber ini dapat menjadi wadah pengembangan potensi mahasiswa dalam bidang keamanan digital.

Ke depan mereka akan dibekali kemampuan di bidang teknologi informasi agar dapat berkontribusi memperkokoh keamanan di bidang siber dengan semangat kesadaran bela negara. “Paling tidak khususnya [pertahanan siber] di lingkungan dan kehidupan kampus
lebih dahulu,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif