Keramaian di salah satu wahana permainan Transmart Pabelan, Sukoharjo, Jumat (1/12/2017). (Andi Susanto/JIBI/Solopos) Keramaian di salah satu wahana permainan Transmart Pabelan, Sukoharjo, Jumat (1/12/2017). (Andi Susanto/JIBI/Solopos)
Sabtu, 2 Desember 2017 09:30 WIB Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos Ekonomi Share :

Transmart Pabelan, Antre Panjang Demi Sky Scrapper Cs

Transmart Pabelan Sukoharjo akhirnya resmi dibuka.

Solopos.com, SUKOHARJO — Khairunnisa, 28, berdesakan bersama ratusan orang di Lantai Dasar Transmart Carrefour Pabelan, Jumat (1/12/2017) pagi.

Bahkan jalan di sekitaran Transmart Pabelan ikut ramai dipadati kendaraan bermotor, Jumat (1/12/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Bahkan jalan di sekitaran Transmart Pabelan ikut ramai dipadati kendaraan bermotor, Jumat (1/12/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Mereka mengantre di depan eskalator agar bisa naik ke lantai I. Di mulut eskalator, tiga karyawan Transmart Carrefour Pabelan mengatur ritme antrean pengunjung tersebut yang akan naik. (Baca: Wow Transmart Warga Banjiri Transmart Hari Pertama)

Satu demi satu antrean pengunjung tersebut mulai menaiki eskalator. Bersama delapan anggota keluarganya, Nisa, sapaan akrabnya, akhirnya maju selangkah demi selangkah dan akhirnya berhasil menaiki eskalator.

Setelah sampai di lantai I, mereka lantas mencari eskalator menuju lantai II. Eskalator tersebut akhirnya mereka temukan. Mereka lantas bergegas menuju lantai II dan langsung mencari eskalator lagi untuk menuju ke lantai III.

Setibanya di lantai III, perjuangan mereka terrbayarkan dengan melihat aneka wahana permainan yang diberi nama Trans Studio Mini. (Baca: Dibuka Chairul Tanjung)

“Kebetulan bapak dapat undangan menghadiri peresmian Transmart Pabelan Sukoharjo, jadi sekalian main ke sini. Tempatnya menarik sekali, saya sampai rela mengantre dan berdesakan. Dari sekian banyak acara pembukaan tempat semacam ini, baru kali ini saya ikut berdesakan,” sambung warga Mojolaban, Sukoharjo, tersebut saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat.

Hal yang sama juga dilakukan Sani Astuti, 47. Bersama tiga anggota keluarganya, warga Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, tersebut ikut berdesakan untuk menyaksikan pembukaan Transmart Pabelan Sukoharjo.

Dari seluruh area yang ditawarkan Transmart Pabelan Sukoharjo, Trans Studio Mini-lah yang paling banyak membuatnya tertarik.

“Kebetulan sedang libur dan rumahnya dekat, jadi menyempatkan diri untuk ke sini. Bagus sekali, [wahana] permainannya banyak sekali. Kalau harga [barang yang dijual] saya rasa relatif sama dengan [pusat perbelanjaan ritel modern] lain,” kata dia.

Pantauan Solopos.com, Jumat, para warga menghadiri pembukaan Transmart Pabelan Sukoharjo. Antrean warga bertumpuk di eskalator, terutama eskalator menuju ke Trans Studio Mini.

Dari sekian banyak wahana di Trans Studio Mini, wahana roller coaster bernama Crazy Taxi Coaster merupakan wahana yang paling banyak menyedot pengunjung. Antrean Crazy Taxi Coaster mengular.

Lalu Lintas Padat

Pantauan kepadatan pengujung Transmart Pabelan sesaat setelah peresmian. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Pantauan kepadatan pengujung Transmart Pabelan sesaat setelah peresmian. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Di luar Tansmart Pabelan Sukoharjo, parkiran kendaraan bermotor begitu padat. Ruas Jl. Ahmad Yani di depan Transmart Pabelan Sukoharjo dipadati kendaraan bermotor yang menyemut. Jalan di sisi timur Transmart Pabelan Sukoharjo juga dipenuhi oleh kendaraan bermotor. Tampak mereka berjalan menyemut.

Corporate Communication General Manager PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, mengatakan Transmart Pabelan Sukoharjo merupakan salah satu gerai yang cukup luas di Jawa Tengah (Jateng). Total area Transmart Pabelan Sukoharjo memiliki empat setengah lantai dengan total luas 15.713 meter (m) persegi.

Trans Studio Mini dan CGV Cinemas terletak di lantai teratas. Wahana yang ditawarkan Trans Studio Mini seperti roller coaster, swinger, , mini train, bumper car, dan lain-lain.

Masing-masing wahana bertiket masuk bervariasi mulai Rp5.000 hingga Rp30.000 Untuk menjajal wahana tersebut, pengunjung dapat membeli kartu member senilai Rp100.000 yang berisi saldo senilai Rp115.000.

“Untuk masuk ke Trans Studio Mini tidak dipungut biaya. Pengunjung hanya dikenakan biaya saat menaiki wahana permainan,” kata dia.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya dan Chairul Tanjung naik roller coaster saat pembukaan Transmart Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (1/12/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya dan Chairul Tanjung naik roller coaster saat pembukaan Transmart Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (1/12/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Presiden Direktur dan CEO PT Trans Retail Indonesia, Syafii Syamsudin, mengatakan Transmart Pabelan Sukoharjo merupakan gerai ke-16 yang dibuka pada tahun ini. Mereka masih memiliki target enam gerai Transmart yang dibuka hingga akhir 2017 atau awal 2018.

Selama pembukaan, Jumat-Minggu (1-3/12), Syafii menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 300.000-an pengunjung atau 100.000-an pengunjung perhari. Syafii menambahkan Transmart Pabelan Sukoharjo juga mempekerjakan hampir 1.000 tenaga kerja dengan komposisi 80% tenaga kerja lokal.

“Roller coaster di sini [Transmart Pabelan Sukoharjo] memiliki lintasan terpanjang dari seluruh Trans Studio Mini kami. Lintasannya ke luar masuk gedung. Ini bisa memberikan pengalaman yang menarik bagi pengunjung,” kata dia kepada wartawan.

Syafii menargetkan omzet Transmart Pabelan Sukoharjo sekitar Rp15 miliar hingga Rp20 miliar hingga akhir Desember. Tahun depan, PT Trans Retail Indonesia juga menargetkan dapat membuka 25 gerai lagi. “Harapannya tiga sampai empat tahun ini ada 200 gerai Transmart di seluruh Indonesia,” sambung dia.

Kolom

GAGASAN
Tantangan Guru pada Era Digital

Gagasan ini dipublikasikan Harian Solopos edisi Sabtu (25/11/2017). Esai ini karya Novy Eko Permono, alumnus Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah novyekop@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Krisis multidimensional yang dihadapi bangsa Indonesia semakin pelik mana kala arus…