ilustrasi (JIBI/Bisnis)
Sabtu, 2 Desember 2017 17:20 WIB Sekar Langit Narisawari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Pasar Ikan Sleman Harus Bebas Broker

Dengan demikian, kesejahteraan pembudiya ikan di Sleman akan lebih mudah terwujud

Solopos.com, SLEMAN-Pasar Ikan di Kelompok Pembudi Daya Ikan (Pokdakan) Santan Mina Lestari, Maguwoharjo, Depok diresmikan pada Selasa (28/11/2017). Hadirnya infrastruktur ini diharapkan dapat memudahkan pembudi daya ikan memasarkan hasil budi dayanya tanpa melalui broker.

Peresmian dilakukan Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun di mana kegiatan itu juga bertepatan dengan Forum Silaturahmi Tiga Bulanan Keluarga Perikanan Kabupaten Sleman yang ke-78. Diharapkan kehadiran pasar itu bisa memperpendek rantai pemasaran ikan dari pembudi daya hingga sampai ke masyarakat. Dengan demikian, kesejahteraan pembudi daya ikan di Sleman akan lebih mudah terwujud.

Hadirnya pasar di wilayah padat penduduk ini juga mempermudah pembudi daya memasarkan ikan hasil produksinya langsung kepada masyarakat. Pembudi daya ikan bisa langsung bertransaksi dengan masyarakat konsumen tanpa melalui pihak ketiga. Sri menyebutkan jika upaya minimalisasi peran broker ini dilakukan menilik banyaknya kasus yang terjadi.

Kerap kali broker menjadi pihak yang paling diuntungkan dan mendulang keuntungan paling banyak atas transaksi. Padahal modal dan tenaga yang dikeluarkan tidak sebanyak pembudi dayanya. “Dengan keberadaan pasar ikan ini, saya berharap usaha perikanan akan makin semarak,’’ ungkap Wabup.

Kolom

GAGASAN
Tantangan Guru pada Era Digital

Gagasan ini dipublikasikan Harian Solopos edisi Sabtu (25/11/2017). Esai ini karya Novy Eko Permono, alumnus Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah novyekop@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Krisis multidimensional yang dihadapi bangsa Indonesia semakin pelik mana kala arus…