Penampilan BTS di red carpet AMAs 2017, Minggu (19/11/2017). (Instagram @amas) Penampilan BTS di red carpet AMAs 2017, Minggu (19/11/2017). (Instagram @amas)
Sabtu, 2 Desember 2017 21:10 WIB JIBI/Solopos/Antara Nada Share :

K-POP
Indonesia Jadi Pendengar Terbesar Musik BTS

Indonesia menjadi pendengar terbanyak musik kelompok K-Pop BTS.

Solopos.com, SOLO – Indonesia menjadi pendengar terbanyak musik boy group Bangtan Sonyeondan (BTS). Data tersebut bersumber dari layanan musik digital Spotify.

Tempat kedua dan selanjutnya ditempati oleh Exo, Big Bang, Black Pink, dan Red Velvet.

Data internal Spotify menunjukkan, pendengar Tanah Air biasanya mendengarkan lagu-lagu Korea Selatan pukul 20:00 – 21:00 WIB.

Di negara lain, Meksiko misalnya, pendengar cenderung memutar lagu-lagu populer dari para boy group Korea, sementara para pendengar di Brasil lebih menikmati playlist K-Pop party tracks.

Di Singapura, banyak yang mendengarkan OST Korea sama seringnya saat mereka menonton drama Korea.

Sejak peluncurannya di tahun 2015, lebih dari 6,6 miliar lagu K-Pop telah diputar secara mendunia melalui Spotify di mana pengguna menghabiskan lebih dari 14,4 miliar menit untuk mendengarkan lagu Korea favorit mereka.

Kolom

GAGASAN
Tantangan Guru pada Era Digital

Gagasan ini dipublikasikan Harian Solopos edisi Sabtu (25/11/2017). Esai ini karya Novy Eko Permono, alumnus Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah novyekop@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Krisis multidimensional yang dihadapi bangsa Indonesia semakin pelik mana kala arus…