Pesepakbola legendaris (dari kiri) Diego Maradona dan Marcos Cafu menunggu Fabio Canavaro mengambil drawing untuk fase grup Piala Dunia 2018 di State Kremlin Palace, Moscow, Russia, 1 Desember 2017. (JIBI/Reuters/Sergei Karpukhin) Pesepakbola legendaris (dari kiri) Diego Maradona dan Marcos Cafu menunggu Fabio Canavaro mengambil drawing untuk fase grup Piala Dunia 2018 di State Kremlin Palace, Moscow, Russia, 1 Desember 2017. (JIBI/Reuters/Sergei Karpukhin)
Sabtu, 2 Desember 2017 10:39 WIB JIBI/Solopos.com/Newswire Internasional Share :

Ini Hasil Undian Grup Piala Dunia 2018

Brasil, Jerman, Argentina, dan Prancis berada di grup yang relatif mudah.

Solopos.com, MOSKOW – Undian Piala Dunia 2018 di Istana Kremlin Palace, Moskow, Rusia, telah rampung. Sebanyak 32 kontestan yang menempati empat pot berbeda, masing-masing telah mengisi delapan grup yang tersedia, dari A sampai H.

Tim-tim yang diunggulkan menjuarai Piala Dunia tahun depan di Rusia menemui jalan yang relatif mudah menuju 16 besar. Jerman, Brasil, Prancis, Argentina, dan Spanyol berada di grup yang berbeda-beda seusai undian pada Jumat (2/12/2017) malam waktu setempat.

Tuan rumah Rusia membuka turnamen dengan menghadapi Arab Saudi, sebelum berhadapan dengan Mesir dan Uruguay.  Juara bertahan Jerman berada satu grup dengan Meksiko, Swedia, yang menyingkirkan Italia pada playoff bulan lalu, dan Korea Selatan (Korsel) di Grup F.

Juara dunia lima kali Brasil menghadapi Swiss, Kosta Rika, dan Serbia di Grup E. Sedangkan Argentina akan memainkan pertandingan pembukaan melawan tim debutan Islandia di Grup D.

Pertandingan besar pada pembukaan grup akan mempertemukan juara Eropa Portugal melawan juara dunia 2010 Spanyol, yang diliputi kecemasan guna menebus penampilan buruk mereka pada 2014.

Panama, negara lain yang juga mempersiapkan diri untuk tampil pertama kalinya di Piala Dunia, berada di Grup G bersama Belgia, Inggris, dan Tunisia. Uniknya, undian untuk Inggris diambil oleh pemain legendaris Argentina Diego Maradona, yang populer dengan gol “Tangan Tuhannya” yang ia bukukan ke gawang tim “Tiga Singa.”

Juara 1998 Prancis akan menghadapi Australia pada pertandingan pembukaan Grup C, bersama Peru dan Denmark yang berpeluang memberikan tekanan.

Daftar peserta grup Piala Dunia 2018;

Grup AGrup BGrup CGrup D
Rusia
Arab Saudi
Mesir
Uruguay
Portugal
Spanyol
Maroko
Iran
Prancis
Australia
Peru
Denmark
Argentina
Islandia
Kroasia
Nigeria
Grup EGrup FGrup GGrup H
Brazil
Swiss
Kosta Rika
Serbia
Jerman
Meksiko
Swedia
Korea Selatan
Belgia
Panama
Tunisia
Inggris
Polandia
Senegal
Kolombia
Jepang

 

Kolom

GAGASAN
Tantangan Guru pada Era Digital

Gagasan ini dipublikasikan Harian Solopos edisi Sabtu (25/11/2017). Esai ini karya Novy Eko Permono, alumnus Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah novyekop@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Krisis multidimensional yang dihadapi bangsa Indonesia semakin pelik mana kala arus…