Harian Jogja Hari Ini, Sabtu (2/12/2017). Harian Jogja Hari Ini, Sabtu (2/12/2017).
Sabtu, 2 Desember 2017 10:15 WIB M107/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARIAN JOGJA HARI INI
Antisipasi Cuaca Ekstrem sampai 4 Bulan

Harian Jogja Hari Ini, Sabtu (2/12/2017)

Solopos.com, Jakarta- Antisipasi cuaca ekstrem dan pemulihan kerusakan menjadi fokus pemerintah setelah terjangan Badai Cempaka pada awal pekan ini.

Piala Dunia 2018 Langsung Seru di 16 Besar

Moskwa-Anggota delapan grup di fase penyisihan Piala Dunia 2018 sudah ditentukan di Moskwa Rusia, Jumat (1/12). Kekuatan di tiap grup relatif merata.

Kala Putri dan Pangeran Berebut Gunungan

Kraton Ngayogyakarta menggelar Grebeg Mulud, Jumat (1/12). Putrid an pangeran ikut ngalap berkah dari gunungan. Berikut laporan wartawan Harian Jogja Ujang Hasanudin dan I Ketut Sawitra Mustika.

Novanto Selangkah Lagi ke Meja Hijau

Jakarta- KPK beradu cepat dengan siding praperadilan Setya Novanto. Sebelum putusan praperadilan keluar, lembaga antirasuah akan menyeret Novanto, tersangka korupsi e-KTP, ke meja hijau.

Jalur Wonosobo-Dieng Ditutup 15 Hari

Wonosobo- Jalur Wonosobo-Dieng mulai Jumat (1/12) ditutup hingga 15 hari ke depan. Wisatawan yang akan ke Dieng diimbau untuk melalui jalur Banjarnegara. Kasat Lantas Polres Wonosobo AKP SS Udiono SE mengatakan penutupan ini dilakukan karena ada pembongkaran jembatan bailey di Desa Tieng Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Jelang Pilkada Jateng, PPP Minta Masukan Kiai

Jakarta-Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy atau Romi masukan para kiai di Jawa Tengah, sebelum PPP memutuskan nama calon yang akan diusung dan didukung dalam Pilkada Provinsi Jawa Tengah pada 2018.

Jadi Tersangka, Ahmad Dhani Senang Tidak Ditahan

Jakarta- Tersangka kasus ujaran kebencian terkait cuitan sarkastis di Twitter, Ahmad Dhani, selesai menjalani pemeriksaan di Polres Jakarta Selatan. Dhani senang karena tidak ditahan. Pentolan band Dewa 19 itu menjalani pemeriksaan di Polres Jakarta Selatan, Jumat (1/12).

Terlibat Penipuan, Kerabat Kraton Ditahan

Solo-Petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Solo, Jawa Tengah menangkap dua orang dalam kasus penipuan dan penggelapan. Kedua orang tersebut yakni Putra Paku Buwono (PB) XII, KGPH Benowo dan Robby Hendro Purnomo, warga Kampung Kusmadilagan RT 007/RW 010, Joyosuran, Pasar Kliwon.

Bawa Sabu-Sabu 5,7 Kg, 4 Pria Ditangkap

Pekanbaru- Ptoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru, meringkus empat pria yang ketahuan membawa narkoba. Dari tangan mereka disita sabu-sabu seberat 5,7 kilogram (kg). “Keempat pelaku sudah diserahkan pihak Bandara SSK II ke Polresta. Barang bukti yang diamankan dari para tersangka sebanyak 5,7 kg sabu-sabu, “kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto, Jumat (1/12).

Reuni 212 Disebut Gerakan Politik Naikkan Daya Tawar

Jakarta- Ketua Setara Institute Hendardi, menilai acara reuni 212 yang akan dilakukan pada Sabtu (2/12) sebagai gerakan politik. Dia memprediksi gerakan ini membesar dengan adanya agenda lainnya.

Enam Posisi Jadi Rebutan di Internal Golkar

Jakarta– Desakan diadakannya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar untuk mencari pengganti Setya Novanto sebagai Ketua Umum Golkar ternyata penuh intrik di baliknya.

Sedekah Sultan ing Gunungan Bromo

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ngandani Grebeg Mulud, Jemuah Kliwon (1/12). Gunungan cacah wolu, dadi wujud sedekah saka Sri Sultan HB X marang putra-putri dalem, sentana, narapraja, abdi dalem lan kabeh warga masyarakat.

Pertunjukkan Komunikasi Kebohongan

Jelang akhir 2017, pertunjukkan kebohongan secara kuantitatif menunjukkan grafik peningkatan infrastruktur. Pargelaran kebohongan menjadi tontonan berkelas premium senantiasa dipertontonkan pejabat pemerintah, anggota dewan, pengurus parpol dan pejabat publik.

Menyamar Pakai Cadar, Penyerang Taliban Bunuh 9 Orang

Peshawar- Sejumlah penyerang bersenjata anggota kelompok Taliban Pakistan menyerang asrama Institut Pelatihan Pertanian di Kota Peshawar, Pakistan, Jumat (1/12).

AS Desak Dunia Isolasi Korut

Whashington, D.C-AS mendesak seluruh dunia untuk memutuskan hubungan diplomatic dan perdagangan dengan Korea Utara menyusul uji coba rudal balistik terbaru negara tersebut.

Kaisar Akihito Turun Takhta April 2019

Tokyo-Kaisar Jepang Akihito akan turun takhta pada April 2019 mendatang. Kaisar berusia 83 tahun itu sebelum ini mengatakan usia dan kesehatannya menyulitkan untuk memenuhi tugasnya. Pengunduran diri Kaisar Jepang Akihito adalah yang pertama di Negeri Matahari Terbit sejak 1817.

Lompatan Quantum Sang Rubah Api

Pernah menjadi pengguna Firefox, tetapi beralih ke peramban (browser) lain karena merasa peramban dari Mozilla tersebut terlalu lambat? dDengan diluncurkannya Firefox Quantum,Anda mungkin ingin melirik kembali peramban yang memiliki ikon rubah api tersebut.

Franda Bahagia

Franda kini terbuka membagikan momen bahagia seputar kehamilannya kepada publik. Usia kandungan istri Samuel Zylgwyn itu kini sudah memasuki minggu ke 17 atau sekitar empat bulan.

Sejarah Penjara Koblen dalam Parodi Partikelir

Surabaya-Perupa Maharani Mancanegara menggelar pameran di Galeri Visma Art Galerry, Jalan Tegalsari, Surabaya , Jawa Timur, bertema Parodi Partikelir yang mengangkat sejarah Penjara Koblen di Surabaya berdasarkan buku catatan harian kakeknya.

Konser Tunggal Yura Yunita Sukses Berat

Sejak kemunculannya pada 2014 penyanyi kelahiran Bandung, 9 Juni 1991, Yura Yunita kian menarik perhatian penikmat music Indonesia.

Slank Melawan Radikalisme Ekstrem

Grup band Slank mendukung Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memilih duta damai dunia maya untuk melawan propaganda radikalisme ekstrem di dunia maya.

Raisa-Isyana Raih Piala MAMA 2017

Raisa dan Isyana sukses membawa pulang piala Best Composer of the Year dalam kategori Profesional dalam Mnet Asian Music Awards atau MAMA 2017.

Parkir Bus Bukan Pilihan

London- Manajer Manchester United, Jose Mourinho, beberapa kali mendapat kritik karena strategi parkir bus yang dipilihnya ketika melawat ke kandang tim-tim besar.

Masih Ada Polah Conte di Pinggir Lapangan

London-Skuat Chelsea merasa plong. Eden Hazard dkk tetap akan didampingi pelatih Antonio Conte ketika menjamu Newcastle United di Stamford Bridge, London, Sabtu (2/12) pukul 19.30 WIB.

Bisa Hilang Kesabaran

Leverkusen-Sekitar sebulan lalu kursi pelatih Peter Bosz di Borussia Dortmund mulai bergoyang setelah mereka diremukkan tim medioker Hannover 96 dengan skor 2-4 di Bundesliga.

Tak Boleh Terpleset Lagi

Barcelona-Barcelina berpeluang meninggalkan kompetitornya di Liga Primera saat menjamu Celta Vigo di Camp Nou, Sabtu (2/12) malam WIB. Hasil seri 1-1 saat melawan Valencia pekan lalu tentu tak boleh terulang jika Blaugrana ingin tetap menjadi yang terdepan dalam perburuan juara.

Putri Wonogiri Tumbang di 8 Besar

Gwangju-Empat dari lima wakil Indonesia berguguran di perempat final Korea Masters 2017 yang berlangsung di Yeomju Gymnasium, Jumat (1/12).

Saatnya Eksperimen Formasi

Banda aceh- Turnamen Aceh World Solidarity Cup (AWSC) 2017 yang digelar Sabtu-Rabu (2-6?12) bakal menjadi ajang eksperimen pemain bagi Luis Milla.

Gama FC Kalah Adu Koin, Satria Adikarta Jadi Harapan

Jogja-Harapan DIY di kompetisi Liga 3 2017 tinggal bergantung kepada Satria Adikarta. Juara Liga 3 Wilayah DIY ini diharapkan mampu membawa nama DIY melaju ke babak 16 besar saat menjalani babak penyisihan 32 besar Nasional di Grup F, di Stadion Wergu Wetan, Kudus, 3-17 desember mendatang.

PSS Ditangani Herkis Lagi

Sleman- Setelah menjadi Manajer PSS Sleman, Baryadi langsung menetapkan Herry Kiswanto (Herkis) sebagai pelatih untuk mengarungi Liga 2 2018.

Dua Tim Sukun Langsung Bertemu

Tangerang- Duel dua tim yang disponsori oleh pabrik rokok Sukun, Sukun Jogja Yuso Gunadarma Jogja melawan Sukun Surya Muda Salatiga, bakal terjadi pada hari pertama pelaksanaan kompetisi bola voli PGN Divisi Utama Livoli 2017 di Gor Dimyati, Tangerang, Sabtu (2/12) sore.

Buaya Muara di Kwagon Ditangkap

Sleman-Buaya muara yang sempat menghebohkan warga Kwagon, Sidorejo, Godean akhirnya ditangkap, Jumat (1/12). Asal muasal buaya muara itu masih diselidiki. Penangkapan buaya tersebut melibatkan sejumlah unsur mulai Sukarelawan Pakuwojo, aparat Polsek dan Koramil Godean serta warga Sidorejo. Buaya tersebut berhasil ditangkap sekitar pukul 10.00 WIB tanpa menggunakan umpan apapundi Sungai Soka, Kwagon 1.

Disantet dan Dibuatkan Nisan

Sebagai penegak hukum yang banyak menjebloskan orang ke penjara, sejumlah cobaan harus dihadapi, mulai dari rayuan suap hingga terror. Hal itu juga dialami oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jogja, Arief Syah Mulia Siregar.

Baron Masih Rawan, Pengunjung Pantai Menurun

GUNUNGKIDUL-Masih terdapat pantai di Gunungkidul yang rawan untuk dikunjungi wisatawan setelah banjir dan longsor yang terjadi beberapa hari lalu.

Siswa SMP Stece Berangkat ke Meksiko

GEDONGTENGEN-Sebanyak dua SMP Stella Duce 1 Jogja berangkat ke Mexico untuk mengikuti Expo Science Mexico, Jumat (1/12). Reynard Ardian Simanjuntak dan Christopher Marchellino itu diundang karena berhasil menciptakan penerjemah bahasa isyarat.

Pendapatan PKL Tak Berpengaruh

GEDONGTENGEN-Menjelang akhir pecan panjang, Malioboro sudah kembali normal. Pada Kamis (30/11) malam, wisatawan mulai memadati objek wisata itu. Lesehan dipenuhi oleh orang-orang lapar. Kursi di jalur pedestrian taka da yang kosong.

Sakit TBC, Sumarso Bunuh Diri

GEDONGTENGEN-Sumarso, 86, ditemukan gantung diri di drumahnya yang beralamat RT92/RW25 Pringgikusuman, Gedongtengen, Jumat (1/12) sore.

Toleransi Bongkar Stan Sepekan

Sejumlah pekerja menurunkan karung berisi media tanam di Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Jogja di Jalan Tegal Turi, Jogja, Kamis (30/11). Media tanam ini merupakan kelengkapan dari bantuan bimbingan teknis yang dilakukan bagi kelompok kampong sayur yang tersebar di 14 kecamatan di Jogja. Kampung sayur diharapkan menjadi rantai pertanian di tengah pemanfaatan halaman perkotaan yang semakin menyempit.

Penyertaan Modal ke BPD Ditunda

UMBULHARJO-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja menolak menyetuji penyertaan modal Rp 5 miliar ke BPD DIY. Alasannya suntikan dana tersebut belum ada paying hukum.

Dewan Pertanyakan Status Radio Suara Anak

UMBULHARJO- Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Kota Jogja mempertanyakan status Radio Anak yang sudah bertahun-tahun mangkrak. Radio yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Pintar itu sempat mendapat suntikan dana sebesar Rp 690 juta.

Lereng Atas Prambanan Masih Berbahaya

SLEMAN-Banyaknya rumah yang ada dilereng bagian atas Prambanan, membuat lokasi tersebut tetap masuk zona berbahaya bencana longsor. Pasalnya, rumah-rumah itu berdiri di lokasi yang sangat dekat dengan tebing.

Jalan dan Lahan Pertanian Rusak

SLEMAN-Sejumlah infrastruktur dan lahan pertanian di wilayah Sleman rusak akibat Badai Cempaka beberapa hari yang lalu. Hingga kini detail data kerusakan infrastruktur jalan dan lahan pertanian itu masih terus diinventarissasi.

Penyakit Katastropik Dominasi Pertanggungan

SLEMAN- Pertanggungan terhadap penyakit berbiaya tinggi (katastropik) selama 2014-2016 oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mencapai 36,3 mliar. Tiga besar penyedot biaya pertanggungan terbesar BPJS Kesehatan masing-masing adalah untuk penyakit hipertensi, diabetes dan jantung coroner.

Wisata Sleman Justru Meraih Untung

SLEMAN-Bencana banjir akibat Badai Cempaka beberapa waktu lalu melumpuhkan sejumlah objek wisata (obwis) di wilayah Gunungkidul dan Bantul. Akibatnya, wisatawan memilih Sleman untuk mengisi libur panjang pekan ini.

Pengurus KONI Sleman Baru Dilantik

SLEMAN-Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sleman periode 2017-2021 dilantik di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sleman, Kamis (30/11). Ada sebanyak 37 pengurus KONI Sleman yang dilantik.

IMA Sleman Siap Pasarkan Potensi UMKM

SLEMAN-Tak hanya objek wisata Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Sleman, juga siap membantu mempromosikan dan memasarkan potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal itu menjadi focus dari IMA Sleman tahun ini.

Jembatan Amblas Warga Sulit Beraktivitas

PUDONG-Warga keluhkan amblasnya Jembatan Nambangan yang menghubungkan Desa Seloharjo dengan Desa Srihardono, Kecamatan Pundong yang diterjang banjir, Selasa (28/11) lalu. Tak adanya jembatan itu membuat mereka kesulitan dalam menjalankan aktivitas perekonomian sehari-hari.

Puluhan Ribu Orang Kesulitan Air

BANTUL-Infrastruktur Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) Bantul rusak diterjang banjir. Kerusakan yang terjadi di sejumlah titik itu menyebabkan puluhan ribu keluarga kesulitan mendapatkan air bersih.

Warga Pundong Geruduk Kantor PLN

BANTUL-Puluhan warga Kecamatan Pundong mendatangi kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bantul di Jalan Sudirohusodo, Bantul, Kamis (30/11) malam. Mereka menuntut agar listrik diwilayahnya dinyalakan.

Kualitas Perekrutan Baru BPD Diragukan

BANTUL-Penerapan dan penetapan Perda No.6/2017, tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dinilai terburu-buru. Masa perekrutan anggota baru yang tak lebih dari sebulan, dinilai tak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negri (Permendagri) No.110/2016 tentang BPD.

Warga Pundong Geruduk Kantor PLN

BANTUL- Puluhan warga Kecamatan Pundong mendatangi kantor PLN Bantul di Jalan Sudirohusodo, Bantul, Kamis (30/11) malam. Mereka menuntut agar listrik di wilayahnya dinyalakan.

Diperstautkan Siapkan Festival Hari Pangan

BANTUL-Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS), Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan Dan Perikanan (Diperpautkan), Bantul gelar festival di Stadion Sultan Agung, Selasa (5/12) mendatang. Salah satu agenda dalam festival itu adalah kontes pisang.

PT AP Libatkan Polwan

WATES-PT Angkasa Pura I berencana melibatkan Polisi Wanita (Polwan) dalam proses pengosongan lahan pembangunan New Yogyakarta International Airtport, pada Senin (4/12).

2 Korban Ditemukan Berdekatan

GIRIMULYO-Dua korban tertimbun tanah longsor di Dusun Ngroto, Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo berhasil dievakuasi, Kamis (30/11). Dua korban yakni Daladi Hadi Santoso dan Heri Siswandi.

Bico Ajak Warga Bantu Korban Bencana

WATES-Aksi sosial untuk membantu korban bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah wilayah di DIY semakin banyak. Salah satunya dilakukan oleh sejumlah penggemar kopi yang tergabung dalam Binangun Coffee Society (Bico). Mereka menggelar acara penggalangan dana bertajuk Bico Berbagi di depan terminal Wates, Jumat (1/12). Mereka membagikan ratusan cangkir kopi yang mereka seduh kepada pengguna jalan yang berhenti di lampu merah. Kemudian, sejumlah pengendara itu, memasukkan uang dalam jumlah secukupnya ke dalam kotak.

Fiber Asal Dusun Kamal Mampu Mendunia

PENGASIH-Dusun Kamal, Desa Karangsari, Kecamatan Panjatan tak hanya terkenal karena menyimpan situs sejarah purbakala, yakni Situs Lumpang Kamal. Pesona wilayah ini juga dilengkapi dengan kreativitas warga sempat mampu membuat kerajinan patung berbahan serat kaca atau fiberglass.

 

Diskiminasi ODHA Masih Ada

WATES-Sebagian masyarakat masih memberikan stigma negative tehadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Padahal, sesuatu yang perlu dijauhi hanyalah virusnya, bukan orangnya.

IKIP PGRI Wates dan Kadin DIY Bantu Korban Banjir

PANJATAN-Bantuan bagi korban banjir di Kulonprogo terus berdatangan dari berbagai pihak. Beberapa diantaranya diberikan dalam bentuk  bahan pangan untuk membantu mencukupi kebutuhan logistic di tempat pengungsian.

AHY Berikan Bantuan untuk Bojin

KARANGMOJO- Keluarga besar Presiden Indonesia ke – 6 SBY memberikan bantuan kepada korban Badai Cemoaka di Bojin, Dusun Gelaran I, Desa Beliharjo, Karangmojo, Bantuan langsung diberikan putera tertua SBY, Jumat (1/12).

Pascabadai Muncul 3 Fenomena Aneh

PALIYAN-Pascaterjangan Badai Cempaka di Gunungkidul terdapat fenomena aneh yang menarik perhatian masyarakat. Setidaknya ada tiga kejadian, yakni meluapnya sumber air, Ngreneng, Wediutah, Desa Ngeposari, Semanu.

Infrastruktur PLN Rusak, Warga Diminta Sabar

WONOSARI-Banjir dan tanah longsor yang menerjang kabupaten Gunungkidul membuat infrastruktur PLN banyak mengalami keruskan.

Kerugian PDAM Rp6,5 miliar

WONOSARI-PDAM Tirta Handayani mengalami kerugian sekitar Rp6,5 miliar, akibat banjir bandang yang terjadi di Gunungkidul pada Selasa (28/11). Hingga sekarang masih ada ribuan pelanggan yang belum mendapatkan pelayanan air bersih.

Puluhan Hektare Lahan Tergenang Luapan Air Sungai Bawah Tanah

SEMANU-Intensitas hujan yang tinggi beberapa hari lalu mengakibatkan aliran sungai bawah tanah di Kabupaten Gunungkidul meluap. Akibatnya, puluhan hekatre lahan di Dusun Wediwatuh, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu tergenang air dengan ketinggian mencapai 20 meter.

Nelayan Pilih Tidak Melaut

GUNUNGKIDUL-Seluruh nelayan di Gunungkidul tidak melaut karena mewaspadai potensi gelombang tinggi.

Relokasi SMKN Tanjungsari Dikaji

JOGJA-Disdikpora DIY akan memantapkan kajian bersama Dinas PUP-ESDM DIY untuk mengatasi persoalan banjir yang selalu terjadi di SMKN Tanjungsari Gunungkidul.

Lulusan UAJY Diarak Saat Wisuda

SLEMAN-Mahasiswa Teknik Sipil UAJY memiliki cara berbeda dengan menyambut lulusan. Mereka mengarak lulusan Teknik Sipil yang diwisuda, layaknya supporter bola.

Konser Gadjah Mada Dipadati 30.000 Pengunjung

Sleman-Sedikitnya 30.000 pengunjung memadati lokasi Gadjah Mada yang digelar di Lapangan Pancasila depan Graha Sabha Pramana (GSP) UGM, Kamis (30/11) malam. Mereka datang untuk menikmati suasana konser yang menghadirkan pemusik papan atas tersebut.

Prodi Kebencanaan Perlu Dipertimbangkan

Malang-Kehadiran Muhammadiyah Disaster Manajeman Center (MDMC) menjadi kekuatan kelima bagi Muhammadiyah melengkapi kekuatan bidang pendidikan, kesehatan, kesejahterahan sosial, dan ekonomi seperti diperankan Lazismu.

Penerimaan 2017 Jadi Tantangan Robert

Jakarta- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik Robert Pakpahan sebagai Direktur Jendral (Dirjen) Pajak menggantikan Ken Dwijugiasteadi. Penerimaan pajak 2017 menjadi salah tantangan yang akan dihadapi oleh Robert.

Aset PLN Rusak

Jogja-Dampak Siklon Cempaka membuat sejumlah titik mengalami pemadaman.Daerah terparah terjadi di Gunungkidul, Kulonprogo, dan Bantul. PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) mulai mendata dan melakukan recovery atas kerusakan jaringan listrik yang terjadi.

Target Kunjungan Wisman 2017 Dikoreksi

Sabang- Pemerintah memprediksi target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2017 sebanyak 15 juta orang tidak tercapai setelah erupsi yang melanda Gunung Agung, Bali.

Pemerintah Tutup Defisit BPJS Kesehatan

Jakarta- Pemerintah telah menutup deficit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebesar Rp 3,6 Triliun.

Bekraf Dorong Ekspor Eceran

Jakarta- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong keluarnya kebijakkan pusat terkait ekspor produk secara eceran melalui bentuk transaksi e-commerce atau perdagangan elektronik. Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik mengungkapkan pihaknya tengah mendorong keluarnya kebijakan pusat di tingkat Kementrian Perdagangan (Kemendang) dan Kementrian Keuangan (Kemenkeu) yang mengatur ekspor produk secara eceran. Skema tersebut nantinya bakal memanfaatkan bentuk perdagangan elektronik.

Wayang Suket Dijual Rp 50.000

Jogja- Wayang dari mending atau disebut dengan wayang suket dibuat menjadi dolanan anak. Anak-anak zaman millennial diharapkan mengenal mainan tradisional wayang kulit melalui cara yang lebih mudah yaitu melalui wayang dari tanaman ini.

Kolom

GAGASAN
Tantangan Guru pada Era Digital

Gagasan ini dipublikasikan Harian Solopos edisi Sabtu (25/11/2017). Esai ini karya Novy Eko Permono, alumnus Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah novyekop@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Krisis multidimensional yang dihadapi bangsa Indonesia semakin pelik mana kala arus…