Ilustrasi guru (JIBI/Harian Jogja/Reuters) Ilustrasi guru (JIBI/Harian Jogja/Reuters)
Sabtu, 2 Desember 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Tantangan Guru pada Era Digital

Gagasan ini dipublikasikan Harian Solopos edisi Sabtu (25/11/2017). Esai ini karya Novy Eko Permono, alumnus Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah novyekop@gmail.com.

Solopos.com, SOLO–Krisis multidimensional yang dihadapi bangsa Indonesia semakin pelik mana kala arus globalisasi kontemporer menjalar ke berbagai lini kehidupan. Dunia mengalami fenomena globalisasi yang kian cepat penetrasinya dan kian luas cakupannya.

Novy Eko Purnomo

Novy Eko Purnomo (Istimewa)

Anthony Giddens (1990) menyebutnya sebagai globalisasi dini, yaitu intensifikasi relasi-relasi sosial dunia yang menghubungkan lokalitas yang berjauhan sedemikian rupa sehingga peristiwa-peristiwa lokal dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi jauh di belahan bumi seberang dan begitu pula sebaliknya.

Revolusi di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi membawa distansiasi ruang waktu sekaligus pemadatan ruang waktu yang merobohkan batas-batas ruang dan waktu konvesional.

Fenomena ini telah merestrukturisasi pola dan cara pandang kehidupan manusia yang memunculkan efek mendua. Efek inilah yang dikenal dengan istilah global paradox: positif dan negatif, peluang dan hambatan.

Globalisasi menyebabkan negara-negara di dunia berevolusi menjadi desa global dan warga dunia menjelma menjadi warga global. Indikasinya adalah bayi yang lahir pada abad XXI berubah menjadi ”manusia-manusia digital”, yaitu manusia masa kini yang sangat akrab dengan dunia teknologi informasi dan komunikasi.

Selanjutnya adalah: Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Kolom

GAGASAN
Tantangan Guru pada Era Digital

Gagasan ini dipublikasikan Harian Solopos edisi Sabtu (25/11/2017). Esai ini karya Novy Eko Permono, alumnus Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah novyekop@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Krisis multidimensional yang dihadapi bangsa Indonesia semakin pelik mana kala arus…