Britney Jean Spears. (Pagesix.com) Britney Jean Spears. (Pagesix.com)
Sabtu, 2 Desember 2017 05:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 2 Desember

Catatan peristiwa dunia hari ini, 2 Desember, yang layak dikenang terangkum dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 2 Desember. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang dirangkum Semarangpos.com dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 2 Desember.

1804
Napoleon Bonaparte secara resmi menobatkan dirinya sendiri sebagai Kaisar Prancis. Ian lantas memimpin Prancis hingga 1814 sebelum kemudian diasingkan. Setelah kembali dari pengasingan, Napoleon sempat kembali mempin Prancis pada 1815 selama tiga bulan.

1805
Pertempuran antara pasukan Prancis dan pasukan Rusia meletus di Austerlitz, Moravia, Austria. Pertempuran tersebut merupakan salah satu yang terbesar pada masa Perang Koalisi Ketiga. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi Prancis meski Rusia mendapatkan bantuan dari Kekaisaran Romawi Suci.

1848
Franz Josef I secara resmi dinobatkan sebagai raja di Austria-Hungaria. Kepemimpinannya dikenal sedikit unik. Pasalnya, pada saat Perang Dunia I pecah, Austria-Hungaria yang terlibat tak memiliki peralatan tempur yang memadai lantaran Franz Josef I menolak penggunaan senjata modern saat itu, yakni tank.

1917
Rusia dan Blok Sentral menandatangani gencatan senjata dan mulai membicarakan pernjanjian damai untuk mengakhiri ketegangan Rusia dan Blok Sentral dalam Perang Dunia I. Perundingan itu lantas melahirkan Traktat Brest-Litovsk yang mengakhiri keterlibatan Rusia dalam Perang Dunia I.

Kapal SS John Harvey milik AS hancur dibombardir pasukan Jerman di pelabuhan di Bari, Italia, 1943. (Wikimedia.org)

Kapal SS John Harvey milik AS hancur dibombardir pasukan Jerman di pelabuhan di Bari, Italia, 1943. (Wikimedia.org)

1943
Pasukan Jerman membombardir pelabuhan di Bari, Italia menggunakan pesawat tempur. Dalam serangan itu, sebanyak 28 kapal milik Sekutu tenggelam, sekitar 1.000 tentara tewas, dan sekitar 1.000 warga sipil juga kehilangan nyawa mereka.

1947
Kerusuhan besar meletus di Yerusalem, Palestina. Peristiwa itu dipicu keputusan Majelis Umum PBB yang membagi tanah Palestina menjadi wilayah Bangsa Arab dan wilayah Bangsa Yahudi. Akibatnya, beberapa bangunan di Yerusalem terbakar dan sejumlah orang Yahudi menjadi korban serangan.

1971
Tujuh emirat, yakni Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm al-Qaiwain secara resmi merdeka dari Inggris. Peraihan kemerdekaan itu sekaligus juga menjadi peresmian pembentukan Uni Emirat Arab yang terdiri dari tujuh emirat tersebut.

Raja terakhir di Laos, Savang Vatthana. (Wikimedia.org)

Raja terakhir di Laos, Savang Vatthana. (Wikimedia.org)

1975
Kerajaan Laos secara resmi dibubarkan dan negara tersebut berubah bentuk menjadi republik. Hari runtuhnya Kerajaa Laos sekaligus berdirinya Repuiblik Demokratik Laos itu kini menjadi salah satu hari libur nasional di Laos.

1981
Britney Jean Spears lahir di Mc Comb, Mississippi, Amerika Serikat (AS). Namanya lantas dikenal luas sebagai penyanyi pop kondang di dunia hiburan internasional. Britney memulai kariernya sebagai penyanyi pada 1992 dan mulai melucurkan single pada 1999.

2016
Beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) menggelar demonstrasi besar-besaran di halaman Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Demonstrais itu bertujuan untuk mendesak pihak berwenang segera menjatuhkan hukuman kepada Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok), yang dituding telah melakukan penistaan agama. Demonstrasi itu disebut sebagai Aksi Super Damai 212. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 November

 

Kolom

GAGASAN
Tantangan Guru pada Era Digital

Gagasan ini dipublikasikan Harian Solopos edisi Sabtu (25/11/2017). Esai ini karya Novy Eko Permono, alumnus Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah novyekop@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Krisis multidimensional yang dihadapi bangsa Indonesia semakin pelik mana kala arus…