Jogja
Jumat, 1 Desember 2017 - 12:39 WIB

GREBEG MULUD : Gunungan Besar Diarak ke Kepatihan, Ini Hanya 8 Tahun Sekali

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para abdi dalem memanggul gunungan besar ke arah Kantor Gubernur DIY, Jumat (1/12/2017).(Birgita Olimphia Nelsye/Harian Jogja)

Acara Maulid Nabi yang digelar Jumat (1/12/2017) berjalan meriah

Harianjogja.com, JOGJA- Acara grebeg Mulud sebagai puncak perayaan Maulid Nabi Muhammad di Kraton Ngayogyakarta yang digelar Jumat (1/12/2017) berjalan meriah. Dua gunungan besar diarak dengan iring-iringan mulai dari Masjid Gedhe, Alun-alun Keraton.

Advertisement

Baca juga : Grebeg Mulud Kraton Ngayogyakarta Kali Ini Istimewa, Ini Rangkaian Upacara yang akan Digelar

Iring-iringan tersebut antara lain diawali dengan mobil polisi, mobil Badan Penanggulangan Bencana, mobil wildlife conservation Gembira Loka, ambulance, mobil polisi pamong praja, mobil PMI, dan mobil Timsar.

Selain itu juga para paksi katon, prajurit, generasi muda FKPPI, dan PMI ikut mengawal iring-iringan dua gerebeg itu. Ada 4 gajah dari kebun Binatang Gembira Loka yang ikut dalam iringan tersebut. Di belakang, ada dua perempuan warga negara asing dengan berpakaian Jawa tampak mengikuti iring-iringan.

Advertisement

Gunungan besar tersebut diangkat oleh abdi dalem Kraton Ngayogyakarta yang mengenakan seragam berwarna merah. Meskipun keringat bercucuran, abdi dalem tetap semangat membawa iringan tersebut menyusuri Jalan Malioboro.

“Ya kalau gunungannya ngga berat, tapi kayunya itu yang berat,” kata Sunarti, seorang Paksi Katon.

Salah satu gunungan besar dibawa ke Kantor Gubernur DIY. “Gunungan besar yang dibawa ke kantor kepatihan [Gubernur] ini cuma 8 tahun sekali saja”, ujar Sunarti.

Advertisement

Gunungan besar berisi kacang panjang, cabai, dan singkong tersebut menarik minat warga dan pengunjung. Warga tampak berkerumun di sekitar gunungan dan mengikuti di belakang iring-iringan. Sampai gunungan memasuki kantor Gubernur, warga masih terus berdatangan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif