News
Jumat, 1 Desember 2017 - 06:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 1 Desember

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua pendiri The Beatles, Pete Best dan Paul Mc Cartney. (710keel.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 25 November, tersaji dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 1 Desember. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 1 Desember, demi mengenangnya.

Advertisement

1640
Kedaulatan Portugal dipulihkan setelah sebelumnya negara tersebut dijadikan satu dengan Spanyol. Portugal disatukan dengan Spanyol pada 1580 dengan nama Uni Iberia. Joao IV lantas menjadi Portugal.

1918
Islandia yang merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Denmark resmi menjadi kerajaan berdaulat, namun masih menjadi bagian dari Kerajaan Denmark. Kerajaan Islandia berdiri hingga 1944 sebelum akhirnya memisahkan diri dari Denmark dan berubah menjadi negara republik.

Advertisement

1918
Islandia yang merupakan wilayah kekuasaan Kerajaan Denmark resmi menjadi kerajaan berdaulat, namun masih menjadi bagian dari Kerajaan Denmark. Kerajaan Islandia berdiri hingga 1944 sebelum akhirnya memisahkan diri dari Denmark dan berubah menjadi negara republik.

Bendera Kerajaan Yugoslavia. (Wikimedia.org)

1918
Pendirian Kerajaan Yugoslavia yang terdiri atas gabungan Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia resmi diproklamasikan. Kerajaan itu lantas runtuh pada 1945 dan berubah menjadi Republik Sosialis Yugoslavia. Negara tersebut benar-benar runtuh pada 1992 dan pecah menjadi sejumlah negara kecil.

Advertisement

1941
Kaisar Jepang Hirohito memberikan keputusan final untuk berperang melawan Amerika Serikat (AS) dalam Perang Dunia III. Sepekan kemudian, Jepang menyerang pasukan AS di Pearl Harbor dan Filipina. Selain itu, Jepang mulai menginvasi wilayah Asia Tenggara yang dikuasai Sekutu.

1950
Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Trauman mengumumkan akan mengizinkan pasukannya—yang berada di kubu Korea Selatan—menggunakan bom atom dalam Perang Korea. Ia beralasan penggunaan bom atom akan mempercepat tercapainya perdamaian antara Korea Utara dan Korea Selatan.

1956
Mohammad Hatta secara resmi mengundurkan diri jabatannya sebagai wakil presiden. Hatta sebagau wali presiden pertama di Indonesia, sebenarnya sudah mengajukan pengunduran diri bebera[a bulan sebelumnya, namun DPR menolaknya. Dengan mundurnya Hatta, kursi wakil presiden kosong sampai 1973.

Advertisement

1958
Prancis memberikan kelonggaran kepada Afrika Tengah untuk mengatur negaranya sendiri. Meski demikian, Afrika Tengah yang dijajah Prancis sejak 1894 belum mendapatkan kemerdekaan penuh. Baru pada 13 Agustus 1960, negara tersebut benar-benar merdeka.

Dua pendiri The Beatles, Pete Best dan Paul Mc Cartney. (710keel.com)

1960
Pemain bas The Beatles Paul Mc Cartney dan rekannya yang juga drumer pertama The Beatles, Pete Best, ditangkap di Hamburg, Jerman karena dituding akan melakukan pembakaran gedung. Akibatnya, dua musisi asal Liverpool, Inggris itu dideportasi dari Jerman.

Advertisement

1973
Australia memberikan wewenang kepada Papua Nugini untuk menjalankan pemerintahan secara mandiri. Dua tahun kemudian, tepatnya pada 16 September 1975, Papua Nugini secara resmi menjadi negara merdeka berdaulat dan diakui dunia internasional.

1988
Untuk kali pertama Hari Aids Sedunia diperingati. Hari tersebut diperingati demi menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep peringatan itu digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada 1988. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 November

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif