Buaya di Dusun Kwagon Desa Sidorejo Godean Sleman menjadi tontonan warga, Jumat (1/12/2017). (Nugroho Nurcahyo/JIBI/Harian Jogja) Buaya di Dusun Kwagon Desa Sidorejo Godean Sleman menjadi tontonan warga, Jumat (1/12/2017). (Nugroho Nurcahyo/JIBI/Harian Jogja)
Jumat, 1 Desember 2017 18:20 WIB Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Buaya Tertangkap di Godean, Dari Mana Asalnya?

Buaya muara yang sempat menghebohkan warga Kwagon, Sidorejo, Godean akhirnya dapat ditangkap, Jumat (1/12/2017)

 
Solopos.com, SLEMAN- Buaya muara yang sempat menghebohkan warga Kwagon, Sidorejo, Godean akhirnya dapat ditangkap, Jumat (1/12/2017). Asal muasal buaya muara itu masih didalami.

Baca juga : Seperti Ini Proses Penangkapan Buaya Sepanjang 2 Meter di Godean

Penangkapan buaya tersebut melibatkan sejumlah unsur. Mulai relawan Pakuwojo, aparat Polsek dan Koramil Godean serta warga Sidorejo. Buaya tersebut berhasil ditangkal sekitar pukul 10.00 WIB tanpa menggunakan umpan apapun di Sungai Soka, Kwagon 1.

Buaya muara tersebut awalnya terlihat mulai sejak Rabu (29/11/2017), hanyut di sungai di wilayah Dusun Kwagon. Diduga, buaya sepanjang 2 meter, berat 60 cm dengan lingkar badan 45 cm itu berasal dari kolam atau rawa bakungan yang dilepas oleh pemiliknya.

Belum diketahui asal muasal dan berapa bibit buaya yang dilepas di kolam tersebut. “Setahu saya ya di rawa bekas galian tanah lempong di Kwagon. Benihnya ada yang melepasi. Kami masih selidiki masalah ini,” kata Dukuh Kwagon Sukiman, usai penangkapan.

Sebelum ditangkap Jumat kemarin, salah seorang warga melihat jejak tapak buaya pada Kamis (30/11/2017) di area persawahan menuju arah Sungai Soka. Warga mulai melakukan penyisiran dan memastikan jejak tapak tersebut berhenti di Sungai Soka.

Kini pihaknya masih belum dapat memutuskan, buaya tersebut akan diapakan. Apakah disertahkan ke BKSDA atau ke Gembira Loka. “Kami masih akan konsultasikan ke BKSDA,” ujarnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
CV. Trisakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pertanian Maju, Petani Sejahtera

Gagasa ini dimuat Harian Solopso edisi Kamis (16/11/2017). Esai ini karya Budi Sutresno, anggota staf Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karanganyar. Solopos.com, SOLO–“Maju Pertaniannya, Sejahtera Petaninya” adalah semacam doa yang diilhami dari tagline Pemerintah Kabupaten Karanganyar menjelang perayaan seabad Kabupaten…