Jogja
Jumat, 1 Desember 2017 - 15:20 WIB

Badai Cempaka Berlalu, Hujan dan Angin Kencang Masih Mengancam DIY

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kendaraan roda dua macet saat melintasi ruas jalan Laksda Adisucipto KM. 6, Depok, Sleman, Selasa (28/11/2017). Hujan secara terus menerus selama dua hari menyebabkan sejumlah ruas jalan tergenang serta menimbulkan bencana longsor dan kerusakan lahan pertanian dan perikanan. (Gigih M Hanafi/JIBI/Solopos)

DIY masih berpotensi dilanda angin kencang dan hujan lebat disertai petir

Harianjogja.com, SLEMAN– Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika DIY, dalam dua hingga tiga hari kedepan DIY masih berpotensi dilanda angin kencang dan hujan lebat disertai petir, Jumat (1/12/2017).

Advertisement

Baca juga :

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Kepala Operasional Stasiun Klimatologi BMKG DIY, Djoko Budiyono. Menurutnya Siklon Tropis Dahlia yang muncul dari perairan wilayah barat Pulau Jawa saat ini tengah mengarah ke ke arah timur.

“Siklon Tropis Dahlia dan adanya tekanan rendah di selatan Jawa Timur menyebabkan pola angin belokan dan konvergensi yang menyebabkan potensi tumbuhnya awan hujan di wilayah DIY,” jelas Djoko.

Advertisement

Dari data yang dicermati BMKG DIY, Djoko mengungkapkan Siklon Tropis Dahlia saat ini berada di perairan barat daya Cilacap. Di mana pergerakan Dahlia ke arah timur itu akan terus terjadi dengan kecepatan angin berkisar antara 17 km per jam hingga 72 km per jam.

“Pantauan pukul 01.00 WIB [Jumat] sedang di laut sebelah barat daya Cilacap dan tengah mengarah ke timur menjauhi Indonesia. Dahlia  bergerak ke timur dengan kecepatan 17 km per jam dan maksimal 72 km per jam menjauhi wilayah Indonesia,” jelasnya.

Kendati sedang bergerak menjauh dari Indonesia, masyarakat DIY diharapkan waspada terkait anomali cuaca yang sedang berlangsung. Di mana seperti Siklon Tropis Cempaka, potensi angin kencang dan hujan lebat disertai petir masih mengancam DIY.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif