Soloraya
Kamis, 30 November 2017 - 13:35 WIB

PRESTASI KARANGANYAR : Bupati Juliyatmono Menerima Penghargaan Natamukti 2017

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono (ketiga kiri), menerima penghargaan Natamukti 2017 terkait UKM dari President of ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya, (kedua kiri), di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM pada Selasa (28/11/2017) malam. (Istimewa/Dokumentasi Dinas Kominfo Karanganyar)

Prestasi Karanganyar, Bupati Juliyatmono meraih penghargaan di bidang UKM.

Solopos.com, KARANGANYAR — Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menerima penghargaan Natamukti 2017 dari Internasional Council for Small Business (ICSB) Indonesia, Selasa (28/11/2017) malam. Penghargaan Natamukti berkaitan dengan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Advertisement

Bupati menerima penghargaan dari President of ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya, di Kantor Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Natamukti diberikan kepada kabupaten/kota yang berhasil memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, dan membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Hermawan menyampaikan sambutan perihal peran pemerintah menumbuhkan UKM. “Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi berbagai pihak terutama pemerintah. Pemerintah sebagai pendorong utama ekonomi lokal. Kami berikan apresiasi kepada institusi pemerintahan. Harapan kami bisa menjadi inspirasi yang lain,” ujar Hermawan seperti ditulis Dinas Kominfo Karanganyar dalam siaran pers, Rabu (29/11/2017).

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, menyampaikan rasio wirausaha pada 2014 sebanyak 1,55%. Angka itu meningkat menjadi 3,01% pada tahun berikutnya.

Advertisement

Dia berharap rasio wirausaha meningkat menjadi 5% pada 2019. “Itu minimal 5%. Rasio pertumbuhan wirausaha tidak lepas dari peran bupati/walikota. Dampaknya adalah kesejahteraan meningkat,” ujar dia.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengungkapkan penghargaan itu menjadi dorongan bagi pemerintah untuk merangsang kreativitas dan inovasi warga mengembangkan UKM.

“Kalau target kami di Kabupaten Karanganyar 10.000 wirausaha baru. Dapat dilihat, banyak warga menjadi wirausaha dari usaha kecil, industri rumah tangga, dan menengah. Pertumbuhan ekonomi meningkat. Apa yang sudah dilakukan selama ini akan kami pacu dan tingkatkan lebih maksimal,” tutur Yuli, sapaan akrab Juliyatmono, saat berbincang dengan wartawan sebelum menerima penghargaan, Selasa.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif