Ilustrasi kacang tanah (Boldsky) Ilustrasi kacang tanah (Boldsky)
Rabu, 29 November 2017 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

INFO HIDUP SEHAT
3 Manfaat Mengonsumsi Kacang Tanah di Musim Hujan

Info hidup sehat kali ini tentang tiga manfaat kacang tanah saat musim hujan.

Solopos.com, SOLO – Hawa dingin saat musim hujan memang sering membuat seseorang sering merasa lapar. Inilah yang membuat Anda lebih banyak makan dan mengakibatkan berat badan bertambah. Bagi yang tak ingin gemuk, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih camilan sehat seperti kacang tanah.

Tumbuhan yang satu ini memang biasa dipanen saat musim penghujan. Anda bisa menemukan banyak penjual kacang tanah di pasar tradisional di kala musim hujan. Nah, tak ada salahnya Anda membeli kacang untuk camilan di rumah. Anda bisa mengonsumsinya setelah diolah dengan cara dipanggang maupun direbus.

Kacang tanah merupakan bahan pangan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya protein, berbagai nutrisi lain pada kacang tanah menjadikannya sebagai makanan ringan yang ideal di musim penghujan. Sebenarnya, apa saja manfaat mengonsumsi kacang tanah di musim hujan? Temukan jawabannya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Selasa (28/11/2017), di bawah ini:

Menjaga kelembapan kulit

Musim penghujan biasanya akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Selain memakai kosmetik yang tepat, Anda juga bisa mengatasi kondisi ini dengan mengonsumsi kacang tanah. Kandungan asam monounsaturated dan senyawa polifenol di dalamnya mampu menghidrasi dan mengembalikan kelembapan kulit.

Mengobati batuk dan pilek

Kacang tanah merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Penganan yang satu ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kacang tanah juga bisa menyembuhkan batuk dan pilek yang biasa terjadi di musim hujan.

Mengontrol berat badan

Kacang tanah memiliki jumlah kalori yang rendah. Jadi, bagi Anda yang sedang diet tidak perlu khawatir bertambah gemuk karena makan kacang. Oleh sebab itu, pilihlah kacang sebagai camilan dibanding makanan ringan lainnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
SMK MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Populisme APBN 2018

Gagasan ini ini dimuat Harian Solopso edisi Rabu (15/11/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Pemerintah dan DPR telah menyepakati RAPBN 2018 menjadi APBN 2018. Beberapa…