Jatim
Rabu, 29 November 2017 - 13:05 WIB

Hendak ke Pacitan, BPBD Jatim dan Basarnas Terjebak Longsor di Ponorogo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melewati jalan raya Pacitan-Ponorogo di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, yang tertimbun material longsor, Rabu (29/11/2017) pagi. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Evakuasi ke lokasi bencana di Pacitan mengalami sejumlah kendala.

Madiunpos.com, PONOROGO — Upaya menjangkau lokasi bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Pacitan Jawa Timur menemui sejumlah kendala di lapangan.

Advertisement

Pada Selasa (28/11/2017), Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur dan Basarnas yang menuju Pacitan terjebak di Ponorogo karena jalur Ponorogo-Pacitan tertutup tanah longsor di Desa Wates, Kecamatan Slahung, Ponorogo.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono, menuturkan tim BPBD Provinsi Jawa Timur yang diketuai Kepala Pelaksana BPBD, Sudarmawan hingga Selasa malam masih tertahan di kantor BPBD Ponorogo.

“Hingga malam tim BPBD Jawa Timur yang diketuai langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Pak Sudarmawan masih tertahan di BPBD Ponorogo, karena jalur menuju Pacitan tertutup total. Sedangkan Tim Basarnas masih di sekitar lokasi longsor di Slahung,” ujar Setyo Budiyono, Selasa.

Advertisement

Menurut dia, BPBD Provinsi Jawa Timur bersama-sama BPBD Nganjuk dan Kota Madiun rencananya menuju Pacitan untuk melakukan penanganan bencana banjir. Namun perjalanan terjebak tanah longsor dan tidak ada jalan alternatif ke Pacitan, karena jalur Trenggalek-Pacitan juga tertutup akibat banjir.

“Tim BPBD Provinsi Jawa Timur bersama-sama BPBD Nganjuk dan Kota Madiun sebenarnya membawa peralatan perahu karet untuk melakukan evakuasi korban banjir Pacitan. Namun perjalanannya tidak bisa dilanjutkan karena jalur tertutup,” ujar dia.

Sedangkan tim Basarnas yang berangkat terpisah dengan rombongan BPBD terjebak di sekitar lokasi tanah longsor di Desa Wates, Kecamatan Slahung, Ponorogo. (baca: Belasan Titik di Jalan Pacitan-Ponorogo Tertutup Tanah dan Pohon Tumbang)

Advertisement

“Ada tiga tim Basarnas yang menuju Pacitan. Dua tim sudah berangkat pagi, sedangkan satu tim lagi berangkat malam hari dan terjebak di lokasi tanah longsor,” kata dia.

Menurut Budi, tim BPBD tidak berani melakukan pembersihan longsoran tanah pada malam hari. Karena kondisinya hujan dan gelap, sehingga khawatir akan terjadi longsor susulan.

Hujan deras dalam waktu lama mengakibatkan bencana tanah longsor di Desa Wates. Tanah tebing milik Perum Perhutani sepanjang sekitar 40 meter dengan ketinggian sekitar 15 meter longsor menutup jalan yang menjadi akses menuju Kabupaten Pacitan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif