Aris Setiawan Aris Setiawan
Rabu, 29 November 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Meme, Tiang Listrik, dan Humor Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (21/11/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, esais yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gtmail.com.

Solopos.com, SOLO–Setelah foto dirinya terbaring sakit dengan berbagai peralatan medis menempel di tubuhnya beberapa waktu lalu ramai menjadi bahan meme di dunia virtual, beberapa hari lalu gejolak serupa muncul kembali.

Belakangan ini yang muncul bukan lagi tentang ekspresi Ketua DPR Setya Novanto dengan kepala diperban dan tertidur pulas, namun tentang tiang listrik. Kecelakaan tunggal lalu lintas yang menimpa Setya Novanto membuat gaduh dunia maya.

Setelah beberapa kali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mobil mewah yang dia tumpangi—entah dalam perjalanan ke mana sesungguhnya–menabrak ting listrik. Masyarakat meluapkan ekspresi terkait peristiwa itu dengan membuat meme.

Kita bisa melihat tiang listrik yang disembah dengan kemenyan, tiang listrik terbaring di tempat tidur pasien rumah sakit, tiang listrik diwawancarai banyak wartawan, mobil-mobil yang menabrak tiang listrik, tiang listrik mendapat hadiah Rp10 juta, tiang listrik dilarikan ke unit gawat darurat, dan seabrek meme lainnya.

Produksi meme itu tak terbendung. Di Instagram meme dengan tanda pagar #SaveTiangListrik telah mencapai 1.412 unggahan pada pekan lalu. Jumlah itu saya yakin akan terus bertambah. Meme tidak saja menjadi bahan candaan, namun ada segumpal kritik dan pesan yang hendak disampaikan.

Kala masyarakat akar rumput merasa keadilan tak berpihak pada mereka, hukum menjadi bahan mainan, serta berbagai persoalan kehidupan tak mampu disuarakan secara lantang, produksi meme adalah jalan keluar.

Meme menjadi menarik karena sering kali membuncahkan tawa dan senyum, walaupun juga ada kegetiran dan keprihatinan yang terkandung di dalamnya. Foto-foto dalam meme kebanyakan diambil dari peristiwa-peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan.

Selanjutnya adalah: Contoh termutakhir adalah kecelakaan

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. ARTHA PRIMA FINANCE CAB SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Meme, Tiang Listrik, dan Humor Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (21/11/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, esais yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gtmail.com. Solopos.com, SOLO–Setelah foto dirinya terbaring sakit dengan berbagai peralatan medis menempel di tubuhnya beberapa waktu lalu…