Ilustrasi (pedulisehati.com)
Rabu, 29 November 2017 10:40 WIB Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Dana Desa di Sleman Naik Sebesar Ini

Dana desa di Sleman naik.

Solopos.com, SLEMAN— Dana desa (DD) untuk Kabupaten Sleman akan naik sebanyak Rp3 miliar pada 2018 mendatang. Dengan kenakan itu, nilai DD yang akan dibagikan untuk 86 desa di Sleman mencapai Rp83,7 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sleman, Alkhalik mengaku mendengar kabar tersebut dari Kementerian Keuangan. Dengan kenaikan alokasi DD tersebut, maka 86 pemdes nantinya rata-rata akan menerima anggaran sebesar Rp1 miliar untuk satu tahun anggaran. “Itu info yang saya dapat kemarin,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (28/11/2017).

Terkait dengan rencana pencairan dana tersebut, Alkhalik mengaku belum mendapat kepastian. Pasalnya hal itu masih menunggu diterbitkannya peraturan menteri keuangan (PMK) yang baru. Biasanya, kata Khalik, pencairan dana desa tahap I dilakukan pada April. “Sepertinya bulan pencairan masih sama. Kami masih menunggu PMK terbaru sebab belum bisa terkonfirmasi,” jelasnya.

Meski begitu, ia memastikan, pencairan itu baru bisa dilakukan jika seluruh desa menyelesaikan laporan penggunaan DD tahap II 2017.  Oleh karena itu dia meminta agar masing-masing pemdes untuk menyiapkan laporan penggunaan dana desa tahap kedua sesuai aturan yang berlaku.

Kepala Desa Pandowoharjo Sleman Catur Sarjumiharta berharap, pencairan dana desa itu bisa dilakukan setahun sekali. Hal itu bertujuan agar desa dapat leluasa dan lebih cepat merealisasikan program pembangunan di desa. “Kalau setahun sekali dicairkan, maka capaian program desa bisa lebih optimal,” ujarnya.

lowongan pekerjaan
PKG 39, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…