News
Selasa, 28 November 2017 - 15:10 WIB

Penutupan Bandara Ngurah Rai Bali Diperpanjang

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas maskapai penerbangan memberi penjelasan kepada warga negara asing di Terminal Internasional Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Senin (27/11/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Fikri Yusuf)

Otoritas bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mengumumkan perpanjangan penutupan hingga Rabu (29/11/2017) pagi.

Solopos.com, DENPASAR – Otoritas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali mengumumkan perpanjangan penutupan operasi penerbangan akibat abu vulkanik Gunung Agung. Penutupan berlaku hingga Rabu pukul 07.00 Wita.

Advertisement

“Penutupan bandara mempertimbangkan kondisi udara yang terdampak abu Gunung Agung,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim di Denpasar, Selasa (28/11/2017), sebagaimana dilansir Antara.

Keputusan memperpanjang penutupan bandara, diambil setelah rapat evaluasi pengelola dan instansi terkait lain pukul 01.00 WITA dini hari guna menindaklanjuti peningkatan aktivitas vulkanik gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut itu.

Berdasarkan laporan dari Vulcanic Ash Advisory Center (VAAC) di Darwin, Australia, ia menjelaskan, semburan abu vulkanik Gunung Agung telah mencapai ketinggian 30.000 kaki dan bergerak ke arah selatan-barat daya dengan kecepatan 5-10 knot dan masih mengarah ke Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Advertisement

Meski hingga pukul 00.00 WITA, pengujian abu gunung telah dilakukan dan hasilnya nihil di bandara, namun ruang udara bandara masih tertutup oleh sebaran abu gunung api tersebut menurut Arie.

Pihak terkait telah mengeluarkan peringatan kepada pilot dan pelaku dunia penerbangan berkenaan dengan perpanjangan penutupan bandara karena dampak erupsi Gunung Agung.

Pada penutupan operasional penerbangan pada Senin (27/11/2017) hingga Selasa pagi, sebanyak 445 jadwal penerbangan domestik dan internasional dibatalkan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif