Jogja
Selasa, 28 November 2017 - 11:20 WIB

Jelang Akhir Tahun, Hotel DIY Mulai Kebanjiran Pesanan

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel (JIBI/Bisnis/Paulus Tandi Bone)

Tingkat hunian kamar atau okupansi di momen Natal dan Tahun Baru ditargetkan bisa mencapai lebih dari 80%

Harianjogja.com, SLEMAN-Menjelang akhir tahun, tingkat hunian kamar hotel di Sleman dan Jogja mulai merangkak naik. Tingkat hunian kamar atau okupansi di momen Natal dan Tahun Baru ditargetkan bisa mencapai lebih dari 80%.

Advertisement

Marketing & Communications Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel Khairul Anwar mengatakan, okupansi pada Desember nanti saat ini sudah mencapai 55%. Pria yang akrab disapa Awang ini mengaku optimistis secara total pada Desember ini, okupansi akan mencapai 83%.

“Ditunjang dengan adanya long weekend yang ada tiga hari di bulan tersebut dan ini menjadi unggulan kami,” ujar Awang kepada Harian Jogja, Senin (27/11/2017).

Awang mengatakan, tamu yang menginap baik grup, korporasi, maupun keluarga relatif sama. Namun, di hari biasa tamu yang menginap didominasi personal dan keluarga. Sementara, pada akhir pekan, kebanyakan tamu berasal dari korporasi.

Advertisement

Kendati demikian, Awang mengungkapkan kecenderungan tren okupansi atau tamu yang menginap di hotel jelang akhir tahun akan dapat dilihat saat mendekati waktu kegiatan. “Kebanyakan last minute atau mendekati tanggal acara, tamu baru mulai memesan kamar. Jadi saat ini masih separuh kamar yang terjual,” imbuh Awang.

Sementara itu, Public Relations Manager Pesonna Tugu Hotel Shela Novitasari menambahkan, hotel yang berada di kawasan Tugu Jogja ini juga sudah mulai banyak menerima tamu. Tingkat hunian kamar di hotel ini sudah hampir mencapai 50% untuk tanggal 30-31 Desember 2017.

“Dibandingkan tahun lalu, okupansi kami pada tahun ini lebih bagus. Optimistis akhir tahun nanti okupansi penuh,” imbuh Shela.

Advertisement

Jelang akhir tahun, The Alana Hotel and Convention Center juga mulai terisi banyak tamu. Banyak tamu dari luar Jogja yang mulai memesan kamar untuk menghabiskan malam pergantian tahun atau berlibur dan berkegiatan di kota ini dengan menginap di hotel ini.

“Okupansi cukup tinggi, selain keluarga banyak juga grup-grup dari pemerintahan maupun korporasi yang menggelar acara di sini. Bahkan, kami harus menambah ekstra beberapa kamar di apartemen untuk bisa memenuhi permintaan kamar,” ungkap Public Relation Manager Hotel Alana Yogyakarta Nova Myheart.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif