Jogja
Selasa, 28 November 2017 - 08:11 WIB

Banjir Landa Beberapa Wilayah Tanjungsari, Mana Saja?

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Evakuasi sepeda motor siswa SMK Pelayaran 1 Tanjungsari. Beberapa wilatah Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul terkena banjir, Selasa (28/11/2017). (IST/Dok Satlinmas Rescue Istimewa Wil II Gunungkidul)

Beberapa wilayah di Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, terkena banjir Selasa (28/11/2017)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah DIY termasuk Gunungkidul sejak Senin (27/11/2017) malam menyebabkan beberapa wilayah di Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Selasa (28/11/2017).

Advertisement

Dilansir dari akun twitter Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul (@SARSATLINMAS/SAR Baron) salah satu titik yang terkena banjir adalah SMK Pelayaran 1 Tanjungsari. Anggota Forum Pengurangan Risiko Bencanan (FBRB) Desa Kemadang Surisdiyanto mengatakan, berdasarkan hasil assessment atau penaksiran kondisi menunjukkan air mulai meluap pada pukul 06.30 WIB.

“Halaman dan ruang kelas tergenang air. Kemudian, pada pukul 07.15 WIB halaman sekolah tergenang kurang air dengan ketinggian kurang lebih 40 cm dan ruang kelas kurang lebih 30 cm,” ujar pria yang juga merupakan Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul ini, Selasa (28/11/2017).

Ia menjelaskan, jalan raya Baron di depan SMK juga tergenang air setinggi 50 cm hingga 60 cm. Sementara itu, lingkungan SMK dan lapangan sepak bola turut tergenang air setinggi 50 cm hingga 80 cm. Dampaknya, akses jalan dari Wonosari ke Baron tertutup sehingga harus dialihkan ke jalan dusun.

Advertisement

“Tindakan yang kami lalukan yakni penaksiran kondisi, evakuasi arsip dan alat-alat sekolah,” papar anggota TRC BPBD Gunungkidul ini.

Hingga berita ini diterbitkan, proses evakuasi masih berlangsung dan kondisi air semakin meningkat karena hujan masih turun dengan deras. Adapun unsur yang terlibat dalam evakuasi warga sekitar, Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul, TRC
BPBD, Siswa dan Guru SMK Pelayaran 1 Tanjungsari.

Selain area sekitar SMK, banjir juga terjadi di Desa Banjarejo yang menggenangi balaidesa, Sebagian wilayah Pantai Baron dan Pantai Kukup. Beberapa pedagang di Pantai Kukup mulai menyelamatkan barang dagangan mereka. Sementara, jalur ke Dusun Wonosobo juga tertutup karena ada genangan air setinggi kurang lebih satu meter.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif