Ilustrasi jahe parut (Boldsky.com) Ilustrasi jahe parut (Boldsky.com)
Minggu, 26 November 2017 23:10 WIB Septina Arifiani/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

TIPS KESEHATAN
Makanan “Wajib” Saat Musim Hujan

Tips kesehatan menyarankan beberapa makanan untuk meningkatkan metabolisme saat musim hujan.

Solopos.com, SOLO – Indonesia memasuki musim penghujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan mengimbau masyarakat mewaspadai puncak musik hujan yang diperkirakan terjadi pada bulan Desember.

Musim hujan orang akan mudah terserang berbagai penyakit seperti flu dan diare. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya bentengi tubuh Anda dengan meningkatkan sistem imun. Mengonsumsi makanan tertentu dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Dikutip Solopos.com dari Stylecraze.com, Minggu (26/11/2017), berikut beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat musim hujan:

Bawang putih

Bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih juga membantu sistem pencernaan. Anda dapat mengonsumsi bawang putih yang dicampurkan dengan berbagai masakan seperti sup.

Jahe
Sifat jahe yang hangat dapat meningkatkan mood dan meningkatkan metabolisme. Anda dapat merebus jahe dengan perasan jeruk lemon dan satu sendok teh madu.

Buah pir

Buah pir menyimpan berbagai macam vitamin dan mineral yang dapat melindungi Anda dari segala penyakit yang biasa hadir saat musim hujan. Buah pir mengandung zat besi, vitamin C, dan vitamin B12. Pir adalah antipiretik alami yang membantu mendinginkan suhu tubuh dan menurunkan demam.

Apel

Apel mengandung berbagai kandungan vitamin yang dapat memberikan perlindungan tubuh dari penyakit saat hujan. Apel juga membantu sistem pencernaan Anda.

Air

Terakhir, namun penting untuk diperhatikan. Jagalah tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Ada kecenderungan untuk mengurangi konsumsi air karena cuaca yang dingin. Hal ini justru membuatAnda berisiko terserang infeksi dan penyakit. Pastikan Anda minum setidaknya 10 gelas air putih.

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ayah, Spirit Cinta, dan Kepahlawanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Vida  Robi’ah Al-Adawiyah, ibu rumah tangga yang aktif di Komunitas Peduli Perempuan dan Anak (KPPA) Benih di Kota Solo sekaligus konselor keluarga. Alamat e-mail penulis adalah mbakvida@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Father…