Jateng
Minggu, 26 November 2017 - 19:50 WIB

PENGHUJAN 2017 : BMKG Ingatkan Waspada Hujan Berangin Kencang

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca buruk. (JIBI/Solopos/Dok.)

Penghujan 2017 dikhawatirkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bakal kerap menghadirkan hujan angin kencang di Jateng.

Semarangpos.com, BANJARNEGARA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Jawa Tengah. “Ada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan kadang angin kencang pada siang hingga awal malam,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Jateng, Minggu (26/11/2017).

Advertisement

Dia menambahkan wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, adalah Semarang, Kendal, Blora, Ungaran, Salatiga, Boyolali, Magelang, Surakarta, Sragen, dan Tegal. Selain itu, Wonogiri, Purworejo, Klaten, Karanganyar, Sukoharjo, Pemalang, Pekalongan, dan sekitarnya. “Selain itu, dapat meluas ke wilayah Bumiayu, Majenang, Banyumas, Cilacap, dan sekitarnya,” katanya.

Dia menjelaskan penyebabnya adalah bibit siklon yang berpotensi tumbuh menjadi siklon tropis, khususnya di selatan Jawa. Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo mengimbau masyarakat, khususnya di Pulau Jawa, untuk mewaspadai potensi hujan lebat dan gelombang tinggi yang terjadi akibat pengaruh terbentuknya bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia.

Dia mengatakan bibit siklon 95S muncul di selatan Jawa Tengah dengan pusat sekitar 9,6 Lintang Selatan, 109,4 Bujur Timur atau sekitar 240 km sebelah selatan barat daya Cilacap. Bibit siklon tropis tersebut bergerak ke arah utara barat laut kemudian akan berbelok ke timur keesokan harinya. Dalam waktu yang bersamaan, terdapat juga bibit siklon tropis 96S di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu di 6,8 Lintang Selatan, 94,2 Bujur Timur yang bergerak ke arah timur tenggara.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif