News
Minggu, 26 November 2017 - 15:10 WIB

Gabungkan Unsur Kebudayaan, Tenda Resepsi Kahiyang-Bobby Bernuansa Nusantara

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tenda pernikahan Kahiyang dan Bobby (Antara)

Tenda resepsi pernikahan Kahiyang dan Bobby bernuansa nusantara.

Solopos.com, MEDAN – Pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution memadukan sejumlah budaya Tanah Air. Tenda resepsi  dihias dengan nuansa nusantara.

Advertisement

Di pelaminan Kahiyang-Bobby sebagaimana diberitakan Antara, Minggu (26/11/2017) tampak berbentuk rumah tradsional dengan atap dari rumbia dengan hiasan warna merah, putih, hitam ciri khas masyarakat Batak. Namun, jendela dan pintu serta lampu tampak seperti rumah adat Betawi sedangkan bantal di kursi pelaminan bercorak kain songket.

Di sisi kanan dan kiri kursi ada kain tradisional ulos yang dihias dengan bunga-bunga sebagai pemanis. Selanjutnya, di dalam tenda ada juga miniatur rumah tradisional batak yang lengkap dengan jagung dan tanaman palsu sehingga menarik undangan untuk berfoto di depannya.

Gubuk-gubuk yang biasa di tengah sawah ditaruh di tenda untuk tempat melepas lelah. Hal yang menarik, ada tempat khusus berisi kurungan ayam dan sepasang ayam hidup di dalamnya.

Advertisement

Makanan yang disediakan juga bernuansa nusantara dengan daging, ikan, sayur, nasi kebuli, gorengan, siomay, satai, martabak, nasi bakar, es buah, serta makanan lainnya tersedia untuk lebih dari 1.500 undangan dan panitia.

“Senang budaya Indonesia muncul semua. Ini selain pernikahan tapi memunculkan budaya Nusantara. Selamat berbahagia keduanya,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi seusai menghadiri resepsi.

Pengacara Ruhut Sitompul  yang juga hadir dalam resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby juga mengakui pernikahan ini benar-benar perkawinan budaya.

Advertisement

“Karena kita tahu Indonesia punya budaya yang banyak. Masyarakat Tapanuli berterima kasih kepada Bapak Presiden dan Ibu Iriana. Kita lihat semua kemarin raja-raja hadir di pesta adat. Semangat kebersamaan ditunjukkan kembali. Pesta ini betul-betul meneladani apa yang Pak Jokowi harapkan,” kata Ruhut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif