Sholahuddin Sholahuddin
Sabtu, 25 November 2017 05:00 WIB Ichwan Prasetyo/JIBI/SOLOPOS Kolom Share :

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id.

Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional mulai surut, cenderung muram, tapi di sisi lain ada sektor tertentu menunjukkan titik cerah.

Sektor ritel disebut-sebut mulai lesu yang ditandai dengan tutupnya beberapa outlet bermerek dan bernama besar. Beberapa pihak mengatakan suramnya bisnis ritel akibat turunnya daya beli masyarakat.

Di sisi lain fenomena itu terjadi karena perubahan perilaku ekonomi masyarakat. Temuan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan memang terjadi pergeseran (shifting) perilaku dari sebelumnya berbelanja barang kini berubah ke berbelanja untuk bersenang-senang (leisure).

Menurut Kamus Oxford, leisure maknanya use of free time for enjoyment atau menggunakan waktu luang untuk sesuatu yang menggembirakan, seperti berwisata, menonton, menikmati kuliner, menginap di hotel, membeli gadget, dan sebagainya.

Dalam diskusi Business Review 2017: Situasi Anomali? yang digelar Harian Solopos, Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Solo, dan The Sunan Hotel Solo pada 17 Oktober lalu juga mengonfirmasi temuan BPS itu.

Peserta diskusi yang mencakup para pelaku usaha dan akademisi bertestimoni terjadinya pergeseran lanskap bisnis di Soloraya khususnya. Para pengelola mal besar mengeluh pengunjung berkurang banyak dan tentu saja penjualan turun. Pelaku usaha layanan untuk bersenang-senang seperti pariwisata, penerbangan, kuliner tersenyum semringah karena penjualan melonjak.

Selanjutnya adalah: Condong ke arah gaya hidup

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…