News
Jumat, 24 November 2017 - 14:45 WIB

Lucunya, Jan Ethes Ikut Menari Tortor

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jan Ethes dan ibunya Selvi Ananda menari tor-tor (Antara)

Anak menantu Jokowi ikut menari tortor.

Solopos.com, MEDAN – Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution menjalani serangkaian pesta adat di Medan, Sumatra Utara. Kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda serta sang anak Jan Ethes Srinarendra ikut menari tortor.

Advertisement

Sebagaimana dikabarkan Antara, Gibran dan Selvi mengenakan ulos dan menari tortor sesuai dengan giliran mereka dalam upacara adat yang disebut Mangaloalo Mora Di Balakka Sitolu Toli, Jumat (24/11/2017). Sedangkan Jan Ethes tampak di depan barisan bergoyang mengikuti irama gondang.

Rangkaian acara adat kembali digelar di kediaman Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regensi, Taman Setia Budi, Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Kahiyang dan Bobby menyaksikan keluarga besar keduanya menari tortor dari pelaminan yang dihiasi ornamen khas Mandailing, Sumatera Utara.

Advertisement

Setelah salat Jumat, acara adat dilanjutkan dengan Marlongit. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Sidang Adat Maralok Alok pada sore hingga pukul 20.00 WIB. Acara adat hari ini diakhiri dengan Margalanggang pada pukul 20.00 WIB hingga selesai.

Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo yang menikah dengan Bobby Afif Nasution resmi menyandang marga Siregar setelah melakukan upacara mangelehen marga (penganugerahaan marga) pada Selasa (21/11/2017) di Medan. Baca juga: Kahiyang Ayu Resmi Bermarga Siregar

Namun Kahiyang baru mendapat marga Siregar, tetapi belum mendapatkan gelar adat. Gelar adat akan diterima Kahiyang dalam upcara adat di Tapian Raya pada Sabtu (25/11/2017) dengan menaiki Nacar berupa pentas dengan tujuh tangga.

Advertisement

Dengan menerima marga Siregar, Kahiyang memiliki posisi, hak, dan tanggung jawab tersendiri dalam suku Mandailing sebagai mora bagi keluarga suaminya.

Pada Minggu (26/11/2017), rencananya akan ada kirab lengkap dengan kereta kencana yang akan dinaiki Kahiyang dan Bobby serta kedua keluarga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif