News
Kamis, 23 November 2017 - 16:15 WIB

Presiden Jokowi Kantongi Banyak Nama Calon Panglima TNI

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi). (setkab.go.id)

Presiden Jokowi menyatakan ada banyak sosok yang layak menggantikan Gatot Nurmantyo.

Solopos.com, MATARAM — Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Terkait pergantian pucuk pimpinan TNI itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah banyak menerima masukan nama calon.

Advertisement

“Namanya kan banyak,” kata Presiden Jokowi setelah membuka acara Munas Alim Ulama Nahdlatul Ulama Konbes Nahdlatul Ulama di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (23/11/2017).

Presiden Jokowi yang menanggapi pertanyaan wartawan terkait akan segera pensiunnya Jenderal Gatot Nurmantyo menambahkan pencarian sosok pengganti panglima TNI akan ditempuh melalui mekanisme penggantian yang berlaku.

Mekanisme, ungkap Jokowi, salah satunya akan sebagaimana yang selama ini ditempuh yakni melalui pertimbangan dan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Advertisement

“Ya mekanismenya kan ada, nanti kita akan lakukan mekanisme ke DPR ditunggu saja,” kata dia.

Untuk diketahui, kandidat Panglima TNI sesuai tradisinya disyaratkan harus berpangkat bintang empat dan pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan.

Saat ini terdapat Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) adalah Marsekal Hadi Tjahjanto, kemudian Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yakni Jenderal Mulyono, lalu Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yaitu Laksamana Ade Supandi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif