Soloraya
Kamis, 23 November 2017 - 05:35 WIB

Menkominfo Diskusi dengan 200-An Blogger di Festival Media AJI Solo, Ini Materinya

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menkominfo Rudiantara. (JIBI/Antara)

Menkominfo Rudiantara akan berdiskusi dengan para blogger di Festival Media AJI.

Solopos.com, SOLO — Dua ratusan blogger dari berbagai daerah di Tanah Air bakal berdiskusi langsung dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam ajang Festival Media Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) 2017 di hall lantai II Grha Soloraya Bakorwil II Solo, Kamis (23/11/2017) ini.

Advertisement

Diskusi bertajuk Kopdar Blogger Indonesia akan menjadi pembuka Fesmed AJI 2017. Tema utama diskusi tersebut sesuai dengan tema Fesmed AJI 2017, yakni Jurnalisme Damai, Jurnalisme Keberagaman.

Namun, ada beberapa hal lain yang akan dibahas para blogger di hadapan Menkominfo. Salah satunya, para blogger akan mempertegas kembali desakan kepada Menkominfo untuk merevisi UU No. 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (Baca: Ratusan Jurnalis Indonesia Kumpul di Solo Ramaikan Festival Media AJI)

“Desakan untuk merevisi UU ITE ini sebenarnya sudah sering disampaikan, tetapi dalam diskusi besok [hari ini], teman-teman blogger akan lebih mempertegas kembali,” kata Anggota Majelis Etik AJI Solo, Ichwan Prasetyo, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (22/11/2017).

Advertisement

Selain masalah revisi UU ITE, salah satu hal yang akan dibahas para blogger bersama Menkominfo adalah masalah sistem. Mereka ingin membangun sebuah sistem kaitannya dengan proses hukum bagi pelaku hatespeech di Internet.

“Jadi ketika seseorang mengunggah konten di Internet yang merugikan orang lain, seperti memfitnah atau menjelek-jelekkan orang lain, bagaimana agar yang bersangkutan tidak langsung masuk pidana. Jadi perlu proses mediasi terlebih dahulu sebelum ke pidana,” tambah Ichwan.

Isu lain yang dimungkinkan muncul dalam diskusi bersama Menkominfo hari ini adalah terkait infrastruktur komunikasi dan informatika di berbagai daerah yang belum merata. Sementara itu, Fesmed AJI 2017 akan dibuka Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo.

Advertisement

“Setelah pembukaan, baru kemudian Pak Menteri hadir dan bertemu dengan para blogger,” kata Ketua Panitia Fesmed AJI 2017, Adib Muttaqin Asfar.

Setelah Kopdar Blogger Indonesia, anchor news Cable News Network (CNN) Indonesia, Eva Yunizar, siap memberikan materi menarik mengenai bagaimana menjadi presenter. Reporter Metro TV, Desi Fitriani, juga bakal berbagi pengalaman tentang peliputan di wilayah konflik, sementara Wakil Pemimpin Redaksi Beritaagar.id, Rahadian Prajnamu, akan mengetengahkan mengenai robot journalism.

Masih di hari yang sama, Head of Sales Bukalapak, Tri Bagus, akan memberikan wokshop memulai bisnis UMKM dengan memanfaatkan media digital. Sedangkan Alice Budisatrijo dari Media Partnership Manager Facebook Indonesia juga akan berbagi ilmu tentang penggunaan Facebook untuk penyebaran dan peliputan berita.

“Masih ada beberapa workshop yang kami gelar besok, di antaranya tentang hoax dan ancaman keberagaman, workshop jurnalisme data, serta digital safety,” imbuh Adib. Fesmed AJI 2017 akan berlangsung hingga Jumat (24/11/2017).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif