Pemain Persis Gotong royong mendapat pengarahan dari pelatih Eduard Tjong saat latihan di stadion Sriwedari, Solo< Selasa (4/4). (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)
Kamis, 23 November 2017 06:25 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Indonesia Share :

LIGA 3
Persis GR Menanti Dukungan Pasoepati

Liga 3 diikuti oleh Persis Gotong Royong.

Solopos.com, SOLO — DPP Pasoepati belum memutuskan apakah akan memberi dukungan pada Persis Gotong Royong (GR) yang bakal tampil di babak 32 nasional Liga 3. Tidak adanya kedekatan emosional antara kelompok suporter dengan tim membuat Pasoepati memilih wait and see. Di sisi lain, Persis GR berharap suporter kebanggaan wong Solo itu ikut mendukung perjuangan mereka di Liga 3.

Pasoepati memang praktis tak lagi menyambangi stadion setelah Persis Solo tersingkir di Liga 2. Keberadaan Persis GR yang masih bertarung di Liga 3 tampaknya belum menarik minat Pasoepati untuk memberikan dukungan. Wakil Presiden Pasoepati, Ginda Ferachtriawan, mengatakan DPP belum memberikan arahan khusus terkait kemungkinan mendukung Persis GR.

Ginda bahkan mengatakan terlalu dini membahas soal sikap Pasoepati pada tim asuhan Eduard Tjong. “Pasoepati tetap mendukung siapa saja, tapi kami belum tahu mau bicara apa [tentang Persis GR],” ujar Ginda saat berbincang dengan Solopos.com di Karangasem, Rabu (22/11/2017).

Stigma klub tandingan Persis Solo yang melekat pada Persis GR diyakini membuat Pasoepati berpikir ulang mendukung Ainudin Devira dkk. Bukan rahasia jika Pasoepati sempat mempermasalahkan nama dan logo Persis GR yang mirip Persis.

Secara emosional, kedekatan Persis GR dengan suporter juga belum terbentuk sehingga fans akar rumput memilih hanya mendukung Persis Solo. “Yang sudah kita tahu perjuangannya kan yang kemarin ini [Persis Solo]. Kami masih fokus ke tim itu saja,” kata dia.

Kelompok suporter casual yang tergabung dalam Surakartans sendiri memilih enggan mengomentari ihwal dukungan pada Persis GR. Belakangan suporter yang menghuni tribune B6 Stadion Manahan ini berkembang menjadi kelompok pendukung bermassa besar dan militan. “Kami perlu rembugan sama temen-temen dulu,” ujar seorang pentolan Surakartans yang enggan disebut namanya.

Pelatih Persis GR, Eduard Tjong, dalam sebuah kesempatan, tak menampik timnya menunggu dukungan Pasoepati.” Mereka suporter besar, tentu kami harap support mereka,” ujarnya.

Koordinator Panpel Persis GR, Heri “Gogor” Isranto, juga mendorong Pasoepati dan masyarakat Solo mendukung perjuangan tim menuju Liga 2. “Mereka juga mengharumkan nama Solo,” ujarnya.

Persis GR sendiri akan tampil perdana di babak 32 besar nasional melawan Bangka Selection, 4 Desember, di Jepara.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…