Ilustrasi nyeri tengkuk (Boldsky) Ilustrasi nyeri tengkuk (Boldsky)
Rabu, 22 November 2017 23:45 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

INFO HIDUP SEHAT
4 Cara Ampuh Hilangkan Nyeri Tengkuk

Info hidup sehat kali ini tentang empat cara ampuh menghilangkan nyeri di tengkuk.

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda sering mengalami kondisi otot kaku dan nyeri pada bagian tengkuk? Hati-hati, itu merupakan salah satu tanda spondoliosis servikal. Penyakit ini disebabkan oleh jaringan tulang leher yang sudah aus.

Dilansir Boldsky, Rabu (22/11/2017), gejala umum penderita spondoliosis servikal adalah nyeri di bagian leher dan kepala belakang. Bahkan, penyakit ini bisa membuat beberapa bagian tubuh mati rasa. Dalam kondisi terburuk, saraf bisa saja terjepit dan mengganggu pergerakan yang berakibat pada kelumpuhan.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh cedera. Itulah sebabnya Anda harus menjaga bagian tengkuk agar tidak mengalami penyakit ini. Selain itu, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab spondoliosis servikal. Saat sedang stres, biasanya otak akan dipaksa terus berpikir yang membuat kepala belakang hingga leher terasa nyeri.

Nah, jika leher terasa sangat nyeri, sebaiknya segera tinggalkan semua pekerjaan Anda untuk beristirahat. Jika dibiarkan terus-menerus, bukan tidak mungkin kondisi Anda akan semakin buruk. Bisa saja rasa nyeri itu lama-kelamaan rasa nyeri itu merupakan tanda spondoliosis servikal.

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri di bagian leher tak perlu khawatir. Anda bisa mengatasinya dengan cara mudah di bawah ini:

Kompres air hangat

Mengompres tengkuk dengan air hangat merupakan salah satu solusi ampuh menghilangkan nyeri. Air hangat akan melancarkan peredaran darah akibat otot yang tegang. Ketika aliran darah lancar, maka rasa nyeri itu perlahan akan menghilang.

Mandi air garam

Mandi dengan air hangat yang dicampur garam juga mampu menghilangkan rasa nyeri. Garam mengandung magnesium yang berperan mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan otot.

Mengoleskan bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan yang ampuh menghilangkan nyeri. Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu membantu mengendurkan otot yang tegang dan mencegah spondoliosis servikal.

Mengoleskan jahe

Bahan terakhir yang ampuh meredakan nyeri otot adalah jahe. Jika leher terasa nyeri, Anda cukup mengoleskan parutan jahe. Jahe juga bersifat anti-inflamasi yang melancarkan sirkulasi darah dan meredakan rasa sakit.

 

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…