Jateng
Rabu, 22 November 2017 - 19:50 WIB

BANJIR SEMARANG : Tanggul Sungai Beringin Jebol!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir yang menggenangi Kota Semarang. (JIBI/Solopos/Antara)

Banjir yang menggenangi ratusan rumah di Kota Semarang dipicu jebolnya tanggul Sungai Beringin.

Semarangpos.com, SEMARANG — Tanggul Sungai Beringin, Rabu (22/11/2017), jebol akibat derasnya aliran air yang menyertai curahan hujan deras. Ratusan rumah di RW 003 Mangkang Wetan, Kota Semarang, Jawa Tengah pun tergenang air bah hingga ketinggian 1 m.

Advertisement

“Tanggul Sungai Beringin jebol, yakni di wilayah RW 003 Mangkang Wetan. Diperkirakan ada ratusan rumah tergenang,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Agus Harmunanto.

Sejauh ini, kata dia, laporan yang masuk ketinggian air yang menggenangi rumah-rumah warga di Mangkang Wetan itu sekitar 1 m, namun belum ada laporan tentang jatuhnya korban. “Kami sudah kirimkan personel ke lokasi untuk membantu penanganan. Ini, saya juga perjalanan menuju lokasi. Dari Badan SAR Nasional [Basarnas] juga sudah diterjunkan ke lokasi,” katanya.

Menurut dia, deras dan tingginya debit air Sungai Beringin berasal dari hulunya di daerah Ungaran, Kabupaten Semarang, yang membuat tanggul tidak kuat menahan sehingga jebol. “Kalau Ungaran bagian barat hujan deras, biasanya yang terdampak di Sungai Beringin. Namun, jika Ungaran bagian timur yang hujan deras yang harus diwaspadai Sungai Banjir Kanal Timur [BKT],” katanya.

Advertisement

Ia mengatakan BPBD Kota Semarang telah mengirimkan bantuan logistik, termasuk karung pasir untuk membantu membangun tanggul darurat yang diharapkan bisa meminimalisasi dampak banjir. “Sementara ini, kami kirimkan bantuan logistik dan karung pasir. Namun, kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti PDAM Tirta Moedal dan Dinas Pemadam Kebakaran,” katanya.

Penanganan dampak banjir akan dilakukan secara menyeluruh, termasuk pembersihan lumpur sisa banjir di rumah-rumah warga yang akan melibatkan para petugas dari Dinas Damkar Kota Semarang. Kota Semarang sejak Rabu siang diguyur hujan, sedangkan di beberapa daerah lainnya justru sudah diguyur hujan sejak pagi hari.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif