Jogja
Selasa, 21 November 2017 - 20:55 WIB

Warga DIY Waspadalah, 3 Hari ke Depan Berpotensi Terjadi Hujan Lebat

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Depan Pasar Sentul Yogyakarta, jalan basah terguyur hujan siang ini, Sabtu (28/10/2017). (Ocktadika Cahya A/Harian Jogja).

Dalam tiga hari ke depan, ada potensi munculnya hujan dengan intensitas tinggi, di sejumlah wilayah DIY

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kepala kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Daerah Istimewa Yogyakarta (BMKG DIY), Djoko Budiyanto mengatakan dalam tiga hari ke depan, ada potensi munculnya hujan dengan intensitas tinggi, di sejumlah wilayah DIY.

Advertisement

BMKG DIY mencatat dalam satu hari, curah hujan masuk dalam ketegori sedang-lebat 40-70 milimeter. Sedangkan kecepatan angin mencapai 30 kilometer/jam, dan suhu udara berkisar 21-32 derajat selsius, dengan kelembaban 70-95%.

“Dalam dua sampai tiga hari ini, berpotensi turun hujan lebat, disertai petir dan angin kencang di DIY bagian utara dan tengah seperti Kulonprogo bagian utara, Sleman, Kota Jogja, Bantul bagian utara, dan Gunungkidul bagian utara,” katanya, Selasa (21/11/2017).

Djoko mengimbau, agar masyarakat mewaspadai potensi bencana banjir, untuk warga yang tinggal di bantaran sungai. Dengan cara tidak membuang sampah di sungai, dan membersihkan saluran resapan air. Selain itu, menebang pohon tua dan memiliki cabang yang rapuh, mematikan alat-alat elektronik ketika petir muncul.

Advertisement

“Untuk yang berada di dataran tinggi, waspadai bahaya longsor. Sementara itu, di wilayah perairan, tinggi gelombang di selatan Jogja 1,25 meter sampai 2,5 meter,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif