Jogja
Selasa, 21 November 2017 - 12:20 WIB

Pembangunan JJLS Jalan Terus

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Proses pembanguan JJLS tidak mandek dan selalu berjalan

Harianjogja,com, JOGJA-Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) jalan terus. Namun, proses pembebasan tanah memang tidak gampang terutama karena ada berbagai jenis tanah yang harus dibebaskan.

Advertisement

Kepala Seksi Perencanan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga DPUP-ESDM DIY Misno mengatakan proses pembanguan JJLS tidak mandek dan selalu berjalan. “Hanya memang, proses pembebasan tanah tidak mudah,” ujar dia, Senin (21/11/2017).

Apalagi ada banyak jenis tanah yang menjadi kendala tersendiri. Adapun jenis tanah seperti tanah kas desa yang pemanfaatannya harus seizin Gubernur, Sultan Ground yang harus minta izin ke Panitikismo, dan tanah milik pemerintah yang perlu dicari penggantinya.

Baca juga : Pembebasan Lahan JJLS Makan Waktu Paling Lama

Advertisement

Persoalan yang terakhir katanya, terjadi pada pembebasan lahan Jerukwudel-Duwet. Di sana ada tanah milik Pemkab Gunungkidul sehingga harus dicari pengganti. Namun, hal tersebut belum terpenuhi karena Pemda DIY belum bisa menyediakan appraiser.

“Kalau yang milik pribadi memang butuh waktu yang lama, tapi lebih mudah lah prosesnya. Yang penting mereka oke,” ucapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif