Jogja
Senin, 20 November 2017 - 20:55 WIB

Tenaga Humas Terbatas, Dosen UPN Veteran Jogja Dilatih Menulis Berita

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tenaga Kependidikan dari berbagai prodi di UPN mengikuti pelatihan jurnalistik yang diberikan oleh Redpel Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo, Senin (20/11/2017). (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogja menggelar workshop Jurnalistik bagi tenaga kependidikan dari perwakilan berbagai prodi

 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogja menggelar workshop Jurnalistik bagi tenaga kependidikan dari perwakilan berbagai prodi di seluruh fakultas di kampus tersebut. Puluhan peserta dilatih menulis struktur berita bertempat di Ruang Seminar Fakultas Pertanian, Senin (20/11/2017).

Kasubag Humas dan Kerjasama UPN Veteran Jogja Markus Kusnardiyanto menjelaskan, pelatihan jurnalistik itu melibatkan seluruh tenaga kependidikan dengan perwakilan semua prodi di lingkungan UPN Veteran Jogja.

Advertisement

Kasubag Humas dan Kerjasama UPN Veteran Jogja Markus Kusnardiyanto menjelaskan, pelatihan jurnalistik itu melibatkan seluruh tenaga kependidikan dengan perwakilan semua prodi di lingkungan UPN Veteran Jogja.

Melalui pelatihan itu diharapkan para peserta memiliki tambahan wawasan dunia jurnalistik sehingga mampu menulis suatu berita yang layak dibaca masyarakat.

“Peserta diharapkan mendapatkan pemahaman tentang menulis, sehingga dapat mendukung publikasi di UPN Veteran,” terang Markus, seusai membuka kegiatan workshop Senin (20/11/2017).

Advertisement

Personel humas terbatas dalam mengcover seluruh publikasi. Sementara banyak kegiatan di lingkungan UPN dari level prodi yang memiliki nilai berita tinggi namun kadang belum terpublikasikan dengan baik.

Oleh karena itu, peserta pelatihan sengaja diambilkan dari perwakilan prodi, sehingga memiliki motivasi dan kepekaan terhadap dunia jurnalistik untuk mempublikasikan kegiatan di prodi masing-masing.

“Selama ini banyak sekali kegiatan penting dan menarik di prodi maupun fakultas yang sebenarnya dapat dipublikasikan di media. Tetapi karena keterbatasan personil kami akhirnya tidak dapat terpublikasikan, kami berharap peserta workshop ini menambah warna pemberitaan di UPN,” tegasnya.

Advertisement

Redaktur Pelaksana Harian Jogja Nugroho Nurcahyo dalam kesempatan itu memaparkan berbagai materi tahapan dalam membuat struktur berita. Setelah teori selesai, kemudian peserta diberikan tugas untuk menulis sebuah berita dengan tema ringan. Kemudian hasil tulisan itu dibahas dan dikoreksi secara bersama-sama. Sehingga para peserta memahami letak kesalahan dan ketidakakuratan dalam menulis berita.

Pemateri membimbing secara langsung para peserta dalam menuliskan secara manual membuat kata ke kalimat dan lengkap menjadi berita.

“Berita yang baik adalah yang dilihat sendiri, wawancara sendiri, kalau [hanya sekedar] kata orang, akurasinya berkurang. Paling tidak melihat rekaman,” ujar saat memberikan komentar salah satu tulisan karya peserta.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif