News
Senin, 20 November 2017 - 04:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 20 November

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto pernikahan Ratu Elizabeth Ii dan Pangeran Philip (Telgraph.co.uk)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 2 November, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 20 November.

Advertisement

Dihimpun dari The People History dan Brainy History, berikut rangkuman peristiwa yang Solopos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 20 November, demi mengenangnya.

1917

Ilustrasi kebakaran di Istana Windsor 1992 (Pinterest)

Advertisement

Pertempuran Cambrai pada Perang Dunia I dimulai. Dalam pertempuran ini pasukan Inggris kali pertama memakai tank dab berhasil menghancurkan pasukan Jerman.

Namun, Jerman membalas serangan itu dengan taktik infanteri baru. Pertempuran yang terjadi di Cambrai, Prancis ini menjadi salah satu yang terpenting dalam sejarah dunia.

1947

Elizabeth Alexandra Mary atau yang dikenal dengan nama Ratu Elizabeth II dari Inggris menikah Pangeran Philip di Westminster Abey. Pernikahan yang digelar di gereja megah di Kota London, Inggris, dihadiri sekitar 2.500 tamu undangan dari seluruh dunia.

Advertisement

1959

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikan hak untuk anak-anak. Dokumen yang mengatur hak anak-anak yang disebut dengan Deklarasi Jenewa ini pada mulanya disusun oleh Eglantyne Jebb. Dokumen ini merupakan wujud nyata atas upaya perlindungan terhadap anak-anak.

1973

Kolonel Moammar Khadafy dari Libya mengkritik rencana perdamaian Timur Tengah yang diusulkan Amerika Serikat, salah satunya terkait konflik Israel dan Palestina. Dia mendesak orang Yahudi yang menduduki tanah Palestina kembali ke Israel. Bahkan, dia menilai perang adalah satu-satunya solusi untuk menciptakan perdamaian di antara kedua negara tersebut.

Advertisement

1979

Kelompok muslim yang menganut mazhab Sunni merebut Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. Mereka menyandera sebanyak 6.000 jemaah haji. Akibat serangan itu, pemerintah Arab Saudi mengevakuasi Kota Mekkah dalam dua pekan.

1985

Microsoft Coorporation meluncurkan sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) versi pertama yang dikenal dengan nama Windows 1.0. Sistem operasi ini sebenarnya kali pertama dibuat pada 1983. Namun, karena banyaknya hambatan, pihak Microsoft baru meluncurkannya pada 20 November 1985.

Advertisement

1992

Istana Windsor di Berkshire, Inggris, yang merupakan kediaman Ratu Elizabeth II terbakar. Kebakaran itu mengancurkan lebih dari 100 ruangan. Beruntung, kebakaran itu terjadi saat istana kosong, sehingga tidak memakan korban jiwa.

1995

Putri Diana (Cnn.com)

Putri Diana menceritakan kehidupan rumah tangganya bersama Pangeran Charles kepada Martin Bashir. Percakapan antara Putri Diana dan Martin ini kemudian disiarkan salah satu stasiun televisi Inggris. Saat itu, dia menceritakan soal hubungannya dengan sang instruktur berkuda, James Hewitt. Dia juga mengungkap perjuangannya melawan bulimia dan depresi.

2006

Advertisement

Presiden Amerika Serikat, George Walker Bush melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Dalam kunjungan itu, dia disambut oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor. Sayang, dia hanya melakukan kunjungan selama enam jam.

2013

Rangkaian serangan bom terjadi di Baghdad, Irak. Serangan itu menewaskan sekitar 30 orang. Menurut keterangan pihak kepolisian, serangan itu dilakukan menyasar kelompok Syiah di kota tersebut.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif