News
Minggu, 19 November 2017 - 19:10 WIB

Tiba di Medan, Kahiyang dan Bobby Jalani Haroan Boru

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto prewedding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution (Instagram @wowchannelz)

Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Nasution tiba di Medan.

Solopos.com, SOLO – Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan suaminya Muhammad Bobby Afif Nasution tiba di Medan, Sumatera Utara, Minggu (19/11/2017). Setelah beristirahat sejenak, keduanya langsung menjalani beberapa acara adat.

Advertisement

Mereka disambut dengan upacara Haroan Boru saat tiba di kediaman orangtua Bobby. Haroan Boru merupakan upacara khas masyarakat Mandailing untuk menantu saat datang pertama kali ke rumah mertua.

“Jadi, nanti Ibu dari Bobby akan menyambut Bobby dan Kahiyang di depan pintu rumah. Mereka lalu digiring masuk ke dalam rumah, dengan terlebih dahulu memijakkan kaki pada berbagai jenis tumbuhan yang sudah disiapkan, antara lain batang pisang. Makna agar sang kedatangan sang menantu membawa suasana kesejukan dan kedamaian. Tumbuhan dan batang pisang itu simbol dingin yang menyejukkan,” kata Paman Bobby, Erwan Nasution, Sabtu (18/11/2017) seperti dilansir Okezone.

Setelah masuk ke rumah, lanjut Erwan, upacara akan dilanjutkan dengan mendudukkan Bobby dan Kahiyang di atas Amak Lampisan, yaitu tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis tikar.

Advertisement

“Di dalam rumah nanti sudah ada sanak keluarga dan tetua-tetua adat yang akan memberikan nasehat bagi kedua mempelai. Mereka lalu akan disuguhi Itak makanan khas ada Mandailing yang terbuat dari sagu dan gula aren yang dibentuk dengan menggunakan tangan lalu disiram dengan santan. Lalu ada juga makanan khas Mandailing lainnya,” jelasnya.

“Terakhir acara Haroan Boru ditutup dengan mendengar kata pasu-pasu atau kata-kata yang mengandung restu yang disampaikan oleh pimpinan sidang yang disebut Raja Panusunan,” sambung Erwan.

Bobby dan Kahiyang akan melaksanakan resepsi kedua di rumah keluarga besar Bobby di Bukit Hijau Regency Perumahan Setiabudi Indah, Medan 24-26 Nopember 2017 mendatang.

Advertisement

Kahiyang juga akan diberi marga Siregar. Penabalan marga dilakukan pada 21 November 2017. Pemberian marga Siregar kepada Kahiyang, karena ibunda Bobby memiliki marga Siregar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif