News
Minggu, 19 November 2017 - 12:35 WIB

Rektor Kelima UNS Solo Haris Mujiman Tutup Usia

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Civitas academica UNS Solo memberi penghormatan terakhir kepada mantan rektor Hari Mujiman yang meninggal dunia. (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Mantan rektor UNS Solo yang juga  guru besar FKIP meninggal dunia.

Solopos.com, SOLO — Kalangan civitas academica Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memberikan penghormatan terakhir kepada Prof. Drs. H. Haris Mujiman, M.A., Ph.D., rektor kelima UNS Solo dalam upacara pemakaman yang dilangsungkan di rumah duka almarhum, Jl. Untung Suropati No. 112, Pasar Kliwon, Solo, Minggu (19/11/2017).

Advertisement

Haris yang merupakan Guru Besar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS tersebut tutup usia di RSUD dr. Moewardi Solo, Sabtu (18/11/2017). Jenazah almarhum diberangkatkan dari rumah duka menuju Permakaman Desa Buduran, Gabugan Tanon, Sragen, sekitar pukul 09.30 WIB.

Rektor UNS Solo, Ravik Karsidi, dalam sambutannya menyampaikan keluarga besar UNS Solo merasa sangat kehilangan atas kepergian almarhum. “Kami dari keluarga besar UNS, khususnya FKIP UNS, menyampaikan rasa belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Prof. Haris dan berharap segenap keluarga ikhlas. Kami mendoakan semoga segala amal ibadah beliau diterima Allah SWT, diampuni segala kesalahan dan dimasukkan ke dalam surga,” ungkap Ravik dalam bahasa Jawa.

Ravik menambahkan segenap keluarga besar UNS juga menghaturkan terima kasih atas segala dedikasi dan jasa Prof. Haris selama almarhum masih mengabdi di UNS. Dia berharap segenap civitas academica UNS bisa meneruskan cita-cita almarhum di bidang pendidikan.

Advertisement

Ravik mengatakan sebelumnya memang tidak ada kabar yang menyebutkan Prof. Haris sakit. Namun pada Sabtu Prof. Haris dirujuk ke RSUD dr. Moewardi. “Kemudian pukul 14.30 kami mendapatkan kabar itu [meninggal dunia],” katanya.

Di mata Ravik, Prof. Haris merupakan rektor yang sangat sederhana. Selain berasal dari fakultas yang sama, Ravik dan Haris pernah bekerja sama di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Ravik menilai Prof. Haris sebagai sosok yang memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi kepada almamater.

“Beliau adalah rektor kelima UNS Solo. Beliau rektor pertama dari UNS sendiri. Empat rektor sebelumnya bukan dari UNS. Saya pernah jadi sekretarisnya saat di LPPM. Pernah juga mengajar bersama mata kuliah manajemen pelatihan,” kenang Ravik.

Advertisement

Haris diketahui menjabat sebagai rektor selama dua periode. Sebelumnya dia adalah Wakil Rektor 1 dan Ketua LPPM. Menurut Ravik, Haris adalah panutan, kinerjanya nyata dan banyak. Haris juga tipikal pemimpin yang tidak banyak bicara. “Beliau sangat sederhana, tidak banyak bicara tapi terus bekerja,” tandasnya.

Advertisement
Kata Kunci : Kampus Di Solo UNS Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif