Jogja
Sabtu, 18 November 2017 - 13:20 WIB

Wah, Baru Seminggu Dibuka, Sekaten Sudah Hasilkan 27 Ton Sampah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Setiap harinya Pasar Malam Perayaan Sekaten menghasilkan paling maksimal lima ton sampah

Harianjogja.com, JOGJA– Setiap harinya Pasar Malam Perayaan Sekaten menghasilkan paling maksimal lima ton sampah. Padahal jika hari biasa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja hanya mengangkat sampah setengah ton.

Advertisement

Saat ditianya Harian Jogja terkait sampah yang dihasilkan PMPS dari pembukaan, Kepala Seksi [Kasi] Penangganan Sampah DLH Kota Jogja, Haryoko menjawab sekitar 27 ton telah dihasilkan dari pembukaan PMPS pada Jumat (10/112017). Di mana perayaan itu saat berada di akhir pekan, maka sampah bisa mencapai lima ton.

Adapun jumlah lima ton itu bukanlah jumlah sebenarnya. Menurut Haryoko jumlah itu telah jauh berkurang dari sampah yang dihasilkan pengunjung. Pasalnya pada malam harinya pemulung telah memilah sampah yang memiliki nilai ekonomi.

“Betul [diambil pemulung] karena untuk malam sabtu dengan malam minggu bisa lima ton, untuk hari biasa dengan Sekaten tiga ton,” jelasnya, Jumat (17/11/2017).

Advertisement

Menurutnya jumlah itu jauh berlipat pada hari normal tanpa acara. Di mana DLH hanya menampung sekitar 540 kg setiap paginya. Adapun untuk akhir pekan atau malam libur maksimal hanya dua kali dari biasa, yaitu 1.080 kg.

“Cuma satu tosa [kendaraan bak terbuka roda tiga] karena DLH kebanyakan ambil sampah di jalan, untuk malam minggu dua tosa,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif