Jogja
Jumat, 17 November 2017 - 11:20 WIB

Waspadalah, Angin Kencang Berpotensi Melanda DIY Sore Hari

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hujan dan angin kencang di Jalan AM. Sangaji Jogja, Kamis (13/10/2016). (Nina Atmasari/JIBI/Harian Jogja)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY ingatkan angin kencang

Harianjogja.com, JOGJA— Terkait cuaca ektrem akhir-akhir ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY ingatkan angin kencang terjadi dari pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Adapun bulan Desember nanti, ditengarai BPBD DIY sebagai puncak cuaca ekstrem ini.

Advertisement

Menurut Plt Kepala BPBD DIY Krido Suprayitno mengungkapkan bahwa kecenderungannya waktu terjadinya angin kencang itu terjadi pada diatas jam 12.00 WIB hingga 17.00 WIB. Di mana angin kencang yang terjadi saat ini sifatnya lokal dan sporadis, dan bisa terjadi dimana saja.

“Itu sifat-sifat cuaca ektreem saat ini [November],” ujarnya kepada media kepada media di Kepatihan Yogyakarta, Kamis (16/11/2017).

Adapun kerena alasan di atas dan bekal pengalaman musim hujan 2016 lalu, BPBD DIY telah mempersiapkan kesiapsiagaan darurat banjir dan longsor. Di mana akhir November nanti akan ada kebijakan khusus apabila terdapat peningkatan cuaca dan kejadian bencana yang sifatnya signifikan.

Advertisement

“Itu ada kemungkinan-kemungkinan infrastruktur karena terjangan banjir, longsor, sehinga kami menginventarisasikan dengan Balai Besar Serayu Opak, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral, yang menginventarisasi dengan BPPD, sehingga pengalaman 2016 lalu, membekali kami untuk mengantisipasi terhadap penanganan-penangan tahun 2017 ini,” jelelasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif