Soloraya
Jumat, 17 November 2017 - 16:35 WIB

Terbaik Se-Karanganyar, Begini Penampilan Gapura Klodran

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengguna jalan melintas di gapura Klodran, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jumat (17/11/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Gapura Desa Klodran memenangi lomba dalam rangka perayaan seabad Kabupaten Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR — Tidak sia-sia kerja keras sejumlah pemuda Desa Klodran, Colomadu, Karanganyar, yang bergotong-royong mendandani gapura masuk desa tersebut. Kerja keras mereka membuahkan hasil dengan ditetapkannya gapura tersebut sebagai yang terbaik di Kabupaten Karanganyar.

Advertisement

“Gapura desa ini berhasil keluar sebagai juara pertama lomba gapura besar dalam rangka memperingati 100 tahun Kabupaten Karanganyar. Ini merupakan buah kerja warga yang berpartisipasi aktif,” ujar Kepala Desa Klodran, Warsito, ketika ditemui Solopos.com di Colomadu, Jumat (17/11/2017). (Baca: Perayaan Seabad Karanganyar Telan Anggaran Rp1,5 Miliar)

Sedangkan juara II dan III masing-masing direbut gapura Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, dan gapura Lalung di Desa Lalung, Kecamatan Karanganyar. Dengan kemenangan tersebut Desa Klodran mendapat hadiah uang tunai Rp10 juta dan piagam penghargaan.

Dia berharap kemenangan tersebut bisa memupuk semangat para pemuda untuk berkreasi di desanya. Sementara itu salah seorang pemuda setempat, Wahyu, mengatakan gapura dengan ukuran lebar 12 meter dan tinggi empat meter tersebut dicat dengan hiasan motif batik. Karena itu pengerjaan pengecatan tersebut memakan waktu cukup lama.

Advertisement

“Yang mengerjakan pengecatan gapura dengan motif batik ini dikomandoi Wakil Ketua Karang Taruna Klodran, Saiful. Dia memang mempunyai jiwa seni bagus sehingga diserahi mengerjakan merias gapura,” papar dia.

Menurut dia, daerah lain yang menghias gapuranya juga dengan motif batik, tetapi bukan menggunakan cat. Gapura tersebut hanya ditempeli semacam plastik bergambar motif batik yang mudah dilepas.

Namun, pada penilaian ternyata tim penilai lebih memilih memberi nilai lebih gapura Kloran. Karena itu dia juga bersyukur. Dia menambahkan kemenangan gapura Klodran pada lomba gapura se-Karanganyar cukup membanggakan karena selain menyandang predikat gapura terbaik kawasan sekitar menjadi lebih indah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif