News
Jumat, 17 November 2017 - 13:19 WIB

Setya Novanto Dirujuk ke RSCM, Ini Sebabnya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Setya Novanto dirawat di RS Medika Permata Hijau Jakarta, Kamis (16/11/2017) malam. (Istimewa)

Ketua DPR dipindahkan ke RSCM untuk perawatan lebih lanjut.

Solopos.com, JAKARTA — Dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau Jakarta Barat merujuk Ketua DPR Setya Novanto ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2017) siang.

Advertisement

“Dirujuk dokter dokter ke RSCM,” kata pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, di RS Medika Permata Hijau.

Salah satu alasan tersangka kasus kasus dugaan korupsi proyek e-KTP yang merugikan negara Rp2,3 triliun itu dipindahkan ke RSCM karena alat magnetic resonance imaging atau MRI di RS Medika Permata Hijau rusak.

Advertisement

Salah satu alasan tersangka kasus kasus dugaan korupsi proyek e-KTP yang merugikan negara Rp2,3 triliun itu dipindahkan ke RSCM karena alat magnetic resonance imaging atau MRI di RS Medika Permata Hijau rusak.

“Kan harus dilakukan MRI untuk mendapatkan kepastian [kondisi otak Novanto],” kata Fredrich dilansir suara.com. Dia mengaku belum tahu siapa dokter yang akan menangani Novanto di RSCM.

Novanto dibawa keluar dari RS Medika Permata Hijau dengan ranjang pasien. Kepalanya diperban namun mukanya terlihat dengan selang di hidung. Dia diam saja. Perempuan yang ikut mendampingi Novanto berusaha menutupi wajah Setya Novanto pakai selimut.

Advertisement

“Cedera di kepala pelipis sebelah kiri, lecet di leher serta lengan kanan,” ujarnya saat konferensi pers di RS Medika Permata Hijau, Jakarta, Jumat. Bimanesh mengatakan pihak RS belum dapat mengklasifikasikan berat atau tidaknya status cedera Novanto karena hal tersebut memerlukan observasi mendalam.

Pihaknya juga melibatkan dokter spesialis syaraf untuk memeriksa cedera kepala Novanto dan dokter spesialis jantung karena yang bersangkutan ada riwayat sakit jantung.

Bimanesh mengatakan Setya Novanto masuk ke RS Medika pada Kamis (16/11/2017) sekitar pukul 18.30 WIB dengan diantar oleh ajudannya. Saat itu, Bimanesh memperoleh informasi kondisi Novanto mengalami hipertensi berat, sehingga dirinya memberikan pengobatan dan perawatan yang diperlukan pada malam tersebut.

Advertisement

Pada Jumat pukul 05.30 WIB, Bimanesh selaku dokter yang menangani SN, melakukan kunjungan ke ruang di mana Novanto dirawat.

Menurut Bimanesh, saat itu kondisi Setay Novantomasih lemah, tetapi obat yang diberikannya Kamis malam sudah mulai bekerja sehingga sudah ada perbaikan secara bertahap. (baca juga: Setya Novanto Alami Kecelakaan, Netizen Minta Papa Pulanglah…)

Pada Jumat pukul 06.00 WIB, dokter KPK yakni Johannes datang meminta informasi kondisi Setya Novanto kepada Bimanesh. Keduanya bersepakat tentang kondisi detail Novanto hanya dapat dibicarakan sesama dokter, karena ada sumpah jabatan dokter.

Advertisement

Bimanesh mengungkapkan saat ini Novanto telah sadar dan ia didampingi oleh istrinya.

Setya Novanto dirawat di RS Medika Permata Hijau Jakarta sejak Kamis malam setelah mobil Toyota Fortuner yang ditumpanginya dikabarkan mengalami kecelakaan tunggal menabrak tiang listrik.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif