Soloraya
Jumat, 17 November 2017 - 14:15 WIB

Hati-Hati! 9 Jalan di Solo Ini Rawan Terjadi Dahan Patah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memangkas dahan pohon di Jl. Honggowongso, Panularan, Laweyan, Solo, Senin (29/5/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Bencana Solo, tim gabungan memangkasi pohon-pohon yang dahannya rawan patah.

Solopos.com, SOLO — Tim gabungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Forum Sukarelawan Penanggulangan Bencana Kota Solo memangkasi dahan pohon yang tergolong rawan patah di Jl. Slamet Riyadi Solo, Jumat (17/11/2017) pagi.

Advertisement

Kepala Dinas Lingkungan (DLH) Solo, Hasta Gunawan, menjelaskan kegiatan pemangkasan dahan dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya bencana atau kecelakaan lalu lintas akibat adanya dahan pohon yang patah saat musim penghujan kali ini.

“Kami melihat ada sembilan ruas jalan memiliki pohon dengan kondisi dahan yang rawan patah. Kami bereskan dahan pohon itu supaya tidak sampai mencelakakan masyarakat atau pengguna jalan,” kata Hasta saat ditemui di sela-sela meninjau pohon di kompleks Tempat Permakaman Umum (TPU) Putri Cempo, Kelurahan Nusukan, Jumat.

Hasta membeberkan pemangkasan pohon melibatkan DLH, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), PMI Solo, SAR UNS, SAR Rajawali, dan SAR PJT1.

Advertisement

Hasta mengklaim aktivitas pemangkasan dahan pohon tidak berdampak buruk terhadap kehidupan pohon tersebut. Bahkan, menurut dia, pemangkasan dahan dan ranting pohon pada awal musim penghujan seperti sekarang ini bagus untuk merangsang tumbuh tunas baru.

Saat ditemui di sela-sela memangkas dahan pohon di Jl. Slamet Riyadi, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Solo, Dono Tumpo, menyampaikan sedikitnya ada lima pohon angsana di Jl. Slamet Riyadi yang dinilai perlu dipindah karena berpotensi tumbang.

“Sekarang sudah memasuki musim penghujan. Kami memangkas dahan dan ranting pohon yang rawan patah agar tidak mencelakakan masyarakat jika terjadi hujan lebat disertai angin. Pekan lalu kami mencatat ada 14 pohon yang tumbang saat terjadi hujan. Ya kami mengamankan jangkauan dahan pohon dari jalan,” jelas Dono.

Advertisement

Ini daftar sembilan jalan di Solo yang terdapat pepohonan rawan dahan patah:
1. Jl. Slamet Riyadi
2. Jl. Ir. Sutami
3. Jl. Honggowongso
4. Jl. Veteran
5. Jl. Sam Ratulangi
6. Jl. A. Yani
7. Jl. M.T. Haryono
8. Jl. Adisucipto
9. Jl. dr. Radjiman

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif