Lukmono Suryo Nagoro Lukmono Suryo Nagoro (Istimewa)
Jumat, 17 November 2017 05:00 WIB Ichwan Prasetyo/JIBI/SOLOPOS Kolom Share :

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com.

Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for Strategic and International Studies (CSIS), merilis sebuah survei bertajuk Ada Apa dengan Milenial? Orientasi Sosial, Ekonomi, dan Politik.

Meskipun bertajuk milenial, tetapi survei tersebut juga memasukkan generasi nonmilenial. Perlu diketahui, generasi milenial dalam survei tersebut dirumuskan berusia antara 17 tahun-29 tahun, sedangkan nonmilenial berusia di atas 30 tahun.

Hasil survei tersebut menyatakan secara umum tidak terdapat perbedaan signifikan antara generasi milenial dan nonmilenial dalam hal aspirasi, harapan, dan persepsi terhadap pemerintahan tetapi generasi milenial mempunyai akses lebih terhadap media sosial serta mempunyai potensi untuk berbeda dalam banyak hal. Generasi ini juga merasa nyaman dengan media sosial dan Internet

Temuan penting lainnya adalah pengaruh generasi milenial dalam aspek politik dan ekonomi belum terlalu kuat, namun bila informasi di media sosial semakin dapat dipercaya akan membentuk generasi yang lebih kuat.

Hasil pembacaan saya terhadap survei tersebut menemukan dua hal yang menarik. Pertama, lebih dari 75% generasi milenial percaya terhadap kemampuan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memeratakan hasil-hasil pembangunan, namun generasi milenial yang menyenangi kegiatan politik hanya 2,3%.

Kedua, generasi milenial maupun nonmilenial tidak berbeda jauh soal kegiatan membaca. Hanya berkisar di angka 5%. Hal ini sejalan dengan temuan bahwa generasi milenial akan menjadi generasi yang kuat apabila informasi di media sosial dapat dipercaya.

Selanjutnya adalah: Pelajar Indonesia bertambah bodoh

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…