Soloraya
Kamis, 16 November 2017 - 05:35 WIB

PEMILU 2019 : KPU Sragen Tak Memverifikasi 2 Parpol Ini karena Tak Lolos di Tingkat Pusat

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemungutan suara (JIBI/Solopos/Dok)

KPU Sragen tidak memverifikasi dua parpol karena dinyatakan tidak lolos di tingkat pusat.

Solopos.com, SRAGEN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen tidak memverifikasi berkas pendaftaran dua partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 dengan alasan kedua parpol tersebut tidak lolos verifikasi di tingkat pusat.

Advertisement

Kedua parpol tersebut meliputi Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Republik. KPU Sragen menyampaikan hasil verifikasi parpol pada Kamis (16/11/2017) ini.

Penjelasan itu disampaikan Komisioner KPU Sragen Diyah Nur Widowati saat dihubungi Solopos.com lewat aplikasi Whatsapp, Rabu (15/11/2017). Diyah menolak menyampaikan hasil verifikasi parpol sebelum masa tahapan yang ditetapkan Peraturan KPU.

Dia menjelaskan tahapan penyampaian hasil verifikasi parpol itu dilaksanakan pada Kamis ini. “Kamis besok [hari ini], KPU mengundang pimpinan parpol untuk hadir ke KPU Sragen. KPU akan menyerahkan hasil verifikasi parpol kepada masing-masing parpol. Ada dua pekan bagi parpol untuk melakukan perbaikan. Untuk berapa yang tidak memenuhi syarat dan apa saja tahapannya akan kami sampaikan besok,” ujarnya.

Advertisement

Sementara itu, Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah Umar Hasyim memprotes penyampaian hasil verifikasi parpol sebelum tahapan yang terjadi di Kabupaten Kudus. Dia berharap kasus seperti di Kudus tidak terjadi di daerah lain, terutama di wilayah Soloraya.

“Kalau hanya ada nama ganda dan sebagainya yang tidak signifikan itu wajar dan manusiawi. Untuk wilayah Soloraya tidak ada laporan seperti di Kudus yang parah banget. Mestinya pada saat tahapannya, yakni Kamis besok. Belum tahapannya KPU sudah menyampaikan hasilnya,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : KPU Sragen Pemilu 2019
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif