Ridwan Kamil (JIBI/Bisnis/Abdullah Azzam)
Rabu, 15 November 2017 13:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf/JIBI/Solopos.com/Suara Politik Share :

Ridwan Kamil “Serang Balik” Akun Penyebar Hoaks

Kang Emil menegaskan kalau dirinya tak pernah mendukung LGBT.

Solopos.com, JAKARTA – Jelang Pilkada Jawa Barat (Jabar), Walikota Bandung Ridwan Kamil makin sering menjadi korban haks. Yang terbaru, salah satu kandidat yang berpotensi maju di Pilkada Jabar ini dikabarkan mendukung LGBT.

Mendapati “serangan” semacam ini, Kang Emil pun angkat bicara. Lewat akun Instagramnya, @ridwankamil, Wali Kota Bandung ini menegaskan berita tersebut adalah hoaks. Suami Atalia Praratya itu memastikan, kabar dirinya mendukung LGBT disebarkan oleh sebuah akun penyebar hoax.

Kang Emil pun menegaskan kalau dirinya tak pernah mendukung LGBT karena dilarang dalam agama yang dianutnya. Meski begitu, dia juga mengungkapkan kalau bagi siapa saja yang melakukannya, hal tersebut menjadi tanggung jawab pribadi yang bersangkutan.

“Contoh akun penyebar hoax menjelang pilkada. Dan seperti biasa, diamini oleh pengikut2nya. Saya TIDAK PERNAH mendukung LGBT. Karena hal ini terlarang dalam agama Islam,” kata Kang Emil.

“Namun bagi yang melakukannya, maka itu adalah tanggung jawab yang bersangkutan terhadap nilai agama dan nilai sosialnya. Sama logikanya juga terhadap muslim yang meminum minuman keras beralkohol. Dan saya tidak akan membenci yang melakukannya. Karena saya dididik untuk tidak membenci manusia yang berbeda. Paling saya coba menasehati sewajarnya,” sambung dia.

Contoh akun penyebar hoax menjelang pilkada. Dan seperti biasa, diamini oleh pengikut2nya. Saya TIDAK PERNAH mendukung LGBT. Karena hal ini terlarang dalam agama Islam. Namun bagi yang melakukannya, maka itu adalah tanggung jawab yang bersangkutan terhadap nilai agama dan nilai sosialnya. Sama logikanya juga terhadap muslim yang meminum minuman keras beralkohol. Dan saya tidak akan membenci yang melakukannya. Karena saya dididik untuk tidak membenci manusia yang berbeda. Paling saya coba menasehati sewajarnya. Dan pilihan ini adalah urusan pribadi masing-masing. Hidup adalah pilihan termasuk konsekuensinya multi dimensinya. Semoga semua menjadi jelas, cerdas dan waras. Bantu report dan bantu lawan hoax. Hatur Nuhun. #HantamHoax

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ridwan Kamil (@ridwankamil) pada

“Dan pilihan ini adalah urusan pribadi masing-masing. Hidup adalah pilihan termasuk konsekuensinya multi dimensinya. Semoga semua menjadi jelas, cerdas dan waras. Bantu report dan bantu lawan hoax. Hatur Nuhun. #HantamHoax,” tutup Kang Emil seraya meminta netizen untuk me-report kabar tersebut dan membantu melawan hoaks.

Setelah dikonfirmasi Kang Emil, akun Instagram yang menyebar berita itu @reaksirakyat1 justru menyerang balik. Dengan mengunggah pernyataan aku anonim lain, dia menyebut Ridwan Kamil asal mengatakan hoaks.

Akun ini menyebut postingan tersebut berasal dari pernyataan Ridwan Kamil sendiri di salah satu media massa.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Mantu Berasa Komunikasi Budaya

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (10/11/2017). Esai ini karya Prilani, pengajar Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jawa Timur. Solopos.com, SOLO–Mantu adalah prosesi ritual para orang tua melepas masa lajang anak-anak mereka. Peristiwa sakral…