Ilustrasi polisi (JIBI/Harian Jogja/Antara) Ilustrasi polisi (JIBI/Harian Jogja/Antara)
Rabu, 15 November 2017 15:55 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Polsek Tepus Terus Giatkan Patroli Kamtibmas

Wilayah Tepus masih terhitung sepi sehingga rawan terjadinya tindak pidana kriminal

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Jajaran Polsek Tepus terus berupaya menjaga situasi kewilayahan tetap kondusif. Salah satu langkah yang dilakukan dengan peningkatan itensitas  patroli gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah tersebut.

Kepala Polsek Tepus AKP M Jusuf Tianotak mengatakan, patroli kewilayahan merupakan hal yang penting dalam rangka menjaga keamanan kewilayahan. Dia tidak memungkiri, wilayah Tepus masih terhitung sepi sehingga rawan terjadinya tindak pidana kriminal. “Ini yang harus kita antisipasi. Jangan sampai kerawanan meningkat sehingga mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat,” kata Jusuf kepada wartawan, Selasa (14/11/2017).

Menurut dia, patroli yang dilakukan bisa menggunakan berbagai cara, mulai dari penggunaan mobil dinas polsek hingga upaya pemantauan yang melibatkan seluruh anggota Bhabinkamtibmas di desa di Kecamatan Tepus. “Sebagai contoh, hari ini [kemarin] kami melakukan patroli dari wilayah Bintaos sampai Tepus,” ungkapnya.

Jusuf menjelaskan, dalam patroli tersebut tidak menemukan hal-hal yang mencurigakan. Namun demikian, tujuan dari patroli bukan semata-mata menangkap pelaku tindak kejahatan, tapi lebih mengedepankan unsur pencegahan. “Dengan intensitas patroli maka dapat mengurangi potensi terjadinya kejahatan,” katanya lagi.

Dia pun berharap untuk memaksimalkan peran dalam menjaga lingkungan, masyarakat ikut berpartisipasi. Menurut Jusuf dengan keterlibatan masyarakat maka keamanan akan lebih terjamin. “Kita juga akan mendorong masyarakat bisa menjadi polisi bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Untuk mewujudkan hal ini bisa dilakukan dengan peningkatan sistem keamanan lingkungan yang sudah ada di masyarakat sejak lama,” imbunya.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino menyambut baik langkah Polsek Tepus meningkatkan patroli keamanan dan ketertiban di masyarakat. Diharapkan dengan upaya tersebut maka dapat mencegah tindak kriminalitas. “Tidak hanya di Tepus, tapi semua polsek juga harus terus meningkatkan keamanan wilayah sehingga kondisi di masyarkat tetap aman dan tidak menimbulkan suatu keresahan,” katanya.

Ngadino pun mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berwaspada baik saat di rumah maupun dalam perjalanan. Sebagai contoh, sambung dia, saat berpergian jangan sampai menggunakan barang-barang yang mencolok sehingga dapat mengundang kejahatan. “Kehati-hatian ini sangat penting karena agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Mantu Berasa Komunikasi Budaya

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (10/11/2017). Esai ini karya Prilani, pengajar Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Jawa Timur. Solopos.com, SOLO–Mantu adalah prosesi ritual para orang tua melepas masa lajang anak-anak mereka. Peristiwa sakral…